Dzikir dan Doa Setelah Sholat

Teman-teman, pada waktu yang lalu kita telah mempelajari tata cara sholat beserta doa-doa yang dibaca di dalam Shalat. Sudahkah kalian menghafalkannya? Alhamdulillah jika sudah. Bagi teman-teman yang belum hafal, jangan mau kalah yah… Shalat adalah kewajiban kita, jika kita mengerjakannya dengan baik, sesuai dengan tuntunan Rasulullah, insya Allah kita akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang besar. Setelah sholat ada dzikir-dzikirnya juga loh teman-teman. Rasulullah n setiap kali habis sholat, beliau banyak berdzikir.

Nah untuk lebih menyepurnakan sholat kita, sekarang kita juga akan mempelajari bacaan dzikir dan doa setelah sholat, dengan dzikir dan doa yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SWT.

Yuuk, kita coba baca dan hafalkan.
Doa-doanya adalah sebagai berikut :




“Aku minta ampun kepada Allah,” (dibaca tiga kali).
Lalu membaca :



“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”


Setelah itu membaca :

“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kemudian membaca
Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)-Mu” 

Lalu membaca :

“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. 

Lalu membaca:


Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah Kami tidak beribadah kecuali kepadaNya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepadaNya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya Setelah itu membaca doa berikut :

“Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.”

Dan yang dibaca hanya setelah sholat Maghrib dan Subuh.


“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, baginy segala puja. Dia-lah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi roh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca sepuluh kali).

KLIK DI SINI Untuk Melanjutkan Artikel Dzikir dan Doa Setelah Sholat

Posting Komentar

Lagi Tren