Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri

Artikel ini saya ambil dari Buku Manual yang ditulis dan Dipublikasikan Oleh Nooruddien M. ini berisi ringkasan tentang bagaimana me-redirect blog milik anda yang menggunakan fasilitas hosting blog gratis dari BLOGSPOT.COM ke domain berbayarWEB.ID dan melakukan setting GOOGLE APPS agar anda bisa memiliki alamat email exclusive dengan menggunakan nama domain milik anda sendiri …

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?
  1. Alamat email yang valid.
  2. Sebuah Blog yang menggunakan BLOGSPOT dan ingin anda personalisasi dengan menggunakan domain WEB.ID
  3. Uang sejumlah Rp. 25.000, - atau Rp. 50.000,- untuk biaya pendaftaran nama domain di PANDI. Biaya pertahun adalah Rp. 25.000,- tapi anda bisa langsung mendaftarkannya untuk jangka waktu dua tahun dengan biaya Rp. 50.000,-. Catatan: PANDI menggunakan Bank BCA dan Bank Mandiri, jika anda menggunakan bank lain, biaya tambahan dari bank anda untuk administrasi akan dibutuhkan.
  4. File gambar hasil scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebagai dokumen pelengkap proses verifikasi kepemilikan domain.

1. Mendaftarkan Diri Ke PANDI
Silahkan menuju ke https://register.pandi.or.id dan klik tombol atau link register untuk mendaftar diri anda.
Gambar Regestrasi Domain
Anda akan dibawa menuju form pendaftaran online, di mana anda harus mengisi data data tentang diri (nama, alamat rumah, nomor telephone, alamat email dan lain lain). Isikan dengan benar sesuai dengan data yang ada pada kartu identitas. Pada bagian Work Information, jika anda mendaftarkan diri sebagai personal atau perorangan, bisa diisikan nama lengkap anda pada Organization Name dan pilih “LAINNYA” pada Organization Type.

Setelah semua data dimasukkan, silahkan klik tombol Register yang ada di bawah form pendaftaran. PANDI akan mengirimkan email konfirmasi berisikan link aktifasi yang harus di-klik untuk mengaktifkan account anda.

Selamat Anda telah terdaftar di PANDI!!

2. Mendaftarkan Diri Ke EVERYDNS

Silahkan menuju ke http://www.everydns.net. Catat 4 line nameservers yang nantinya akan berguna pada saat pendaftaran domain di PANDI. Empat line nameservers tersebut adalah:
ns1.everydns.net
ns2.everydns.net
ns3.everydns.net
ns4.everydns.net
 
Proses pendaftaran sangat mudah, anda hanya perlu memasukkan username sesuai pilihan anda, alamat email yang valid dan password untuk account EVERYDNS dan klik tombol Signup untuk mendaftar.
Selesai! Anda telah terdaftar di EVERYDNS!

LANGKAH KEDUA : Mendaftarkan Domain WEB.ID Ke PANDI

REGISTER NAMA DOMAIN

Silahkan kembali menuju ke https://register.pandi.or.id, masukkan username, password serta huruf dan angka yang tertera di image confirmation. Lihat Gambar di Bawah ini  :


Klik LOGIN untuk masuk ke dalam account PANDI anda. Di dalam control panel PANDI, silahkan pilih Fitur Pendaftaran Domain Baru. Lihat Gambar di Bawah ini :


Anda akan dibawa ke halaman baru untuk melakukan check ketersediaan nama domain yang ingin didaftarkan

Masukkan nama domain, pilih WEB.ID pada dropdown menu dan klik Check. Lebih jelasnya silahkan Lihat Gambar di Bawah ini :

Jika domain yang anda daftarkan masih tersedia (belum didaftarkan orang lain), maka anda akan mendapatkan tampilan konfirmasi ketersediaan seperti yang ada di bawah ini. Lebih Jelasnya Lihat Gambar di Bawah ini :


Klik register untuk mendaftarkan domain tersebut menjadi milik anda. 

Sekaranng isikan data data tentang domain yang ingin anda daftarkan, jika ingin mendaftarkan domain tersebut untuk jangka waktu 2 tahun silahkan ganti Registration Period menjadi 2 Year Domain WEB.ID. Lihat Gambar di Bawah ini :


Anda tidak perlu mengganti data yang ada di Contact Profile karena bagian ini akan secara otomatis terisi dengan data NIC Handle milik anda. Contoh gambar di bawah adalah NIC Handle milik penulis.


PENTING. Anda masih ingat dengan 4 Nameservers yang tadi di catat dari web EVERYDNS? Anda harus mengisikannya di bagian Name Server Data


Masukkan image confirmation dan klik Register untuk mendaftarkan domain tersebut. Lihat pada Gambar di Bawah ini :

Proses selanjutnya adalah upload file document (scan KTP atau SIM) sebagai pelengkap verifikasi kepemilikan domain. 

Silahkan Baca Artikel Selanjutnya UploadDokumen Pelengkap Di Sini .....

Posting Komentar

Lagi Tren