Tips Kecantikan Natural | Perawatan Badan

Untuk Perawatan Badan atau tubuh anda cukup mandi 2x sehari dengan bersih hingga ke seluruh bagian tubuh. Mandi dengan menggunakan aromatherapy juga cocok untuk anda. Mandi dengan air kembang akan membuat badan anda harum dan terhindar dari bau badan. Mandi tersebut disebut mandi rempah-rempah, caranya:

Sediakan air dingin 5 gayung atau 6 liter.
Siapkan ramuan sebagai berikut:
1. Pandan : 5 Lembar
2. Jeruk Purut : 2 buah
3. Temu Giring: ½ kg
4. Daun Kemuning: ¼ kg
5. Daun Serai : 3 Batang
6. Kayu Manis : -+ 1 ons

Cara Membuatnya:
1. Bahan no. 1 diiris-iris lembut.
2. Bahan no. 2 masing-masing dibelah menjadi dua.
3. Bahan no. 3 dikupas kulitnya dan diiris-iris.
4. Bahan no. 4 dibuang tangkainya atau kayunya yang besar-besar
5. Bahan no. 5 dan no. 6 dicuci bersih.

Keenam bahan tersebut direbus dengan air yang sudah disiapkan 5 gayung sampai mendidih. Kalau sudad mendidih turunkan dari atas jerangan api. Kemudian air jerangan dituangkan dalam ember mandi yang besar yang sebelumnya sudah disaring dengan kain tipis, dan dicampurkan dengan air dingin. Sekiranya campuran tersebut menjadi hangat suam-suam kuku.

Praktek menggunakannya:
Pertama-tama mandi biasa, badan kita disabun dengan bersih. Bloeh mandi dengan air dingin atau hangat. Kalau seluruh tubuh sudah dibersihkan dengan air bersih, dan sudah dihilangkan bekas sabunnya hingga kesat, maka langsung masuk dan beremdamlah ke dalam ember mandi yang berisi air rempah-rempah tersebut. Lama berendam kira-kira seperempat jam sambil seluruh tubuh disirami denga air rempah-rempah. Setelah selesai langsung badan kit keringkan dengan handuk.
Jika kita sering melakukan ritual ini niscaya kulit kita selain harum juga akan bersih dan bercahaya.

Lulur dan Bedak Mangir
Lulur adalah salah satu produk perawatan tubuh yang sudah sering dipakai sejak jaman nenek moyang. Pada jaman dahulu para puteri keraton sebelum mandi rempah mereka akan luluran terlebih dahulu dengan bahan-bahan alami pula atau dengan bedak mangir. Zaman sekarang produk-produk lulur bermacam-macam telah beredar di pasaran. Namun alangkah baiknya kita Back To Nature, tentunya khasiatnya jauh lebih aman. Cara pemakaian lulur mudah saja, hanya tinggal mencampurkan sedikit air dengan bedak mangir atau lulur bubuk. Lalu bubuhkan pada kulit tubuh hingga merata dan menggosok-gosokan ke kulit dengan lembut untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang berada pada kulit.

Cara membuat Bedak Mangir sebagai berikut:
Ramuan:
1. Tepung beras :1/4 liter
2. Tepung pati bengkoang : 1 ons
3. Kayu manis : ¼ ons
4. Kayu mesoyi : ¼ ons
5. Klabet : 1 sendok teh
6. Temu Giring
7. Adas : 1 sendok teh

Cara membuatnya:
  1. Beras dicuci sampai bersih. Direndam 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kemudian ditutup dengan daun pisang dan didiamkan kurang lebih 1 jam. Agar berasnya menjadi keset. Lalu ditumbuk hingga halus.
  2. Bahan no. 1 dan 2 dicampur menjadi satu.
  3. Bahan no. 3, 4 dan 5 digoreng sangrai hingga menjadi kuning menhitam (masak).
  4. Kemudian buah pinang dikupas kulit luarnya ya ng berupa sabut, dipecah kulit dalamnya yang keras, dan diambil dagingnya, jemur sampai kering.
  5. Bahan no. 4 dan 5 digoreng sangan.
  6. Bahan c s/d f ditumbuk atau digiling agar menjadi tepung.
  7. Campuran tepung beras dan pati bengkoang dicampur dengan tepung ramuan c s/d f dan bedak ini siap dipakai.

Bedak inipun bisa dipakai untuk bedak jerawat dan digunakan sebagai masker. Hanya saja tidak menggunakan temu giring dan diganti oleh buah pinang 2 biji. Maka bisa menjadi bedak obat jerawat. Baik dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Posting Komentar

Lagi Tren