Cara Membuat Hotspot di Laptop Dengan UC Browser

Selamat malam sahabat - Kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Membuat Hotspot di Laptop Dengan UC Browser - UC Browser yang cukup populer di Android kini hadir juga di PC/laptop dengan fitur menarik yaitu Virtual WiFi yang dapat digunakan untuk membuat hotspot sendiri di Laptop maupun PC dengan mudah tanpa perlu banyak setingan yang membingungkan tentu saja syarat utamanya anda harus memiliki adapter Wi-Fi.

Setelah mengaktifkan Virtual WiFi di UC Browser for PC maka laptop akan berfungsi sebagai wifi hotspot  yang artinya kita dapat berbagi koneksi internet  ke perangkat lain seperti Android misalnya. Cara ini bisa menjadi alternatif ketika anda ingin share internet dari PC atau laptop tetapi tidak menggunakan modem yang support wifi share, jadi cukup menggunakan UC Browser dan adapter wifi yang pada umumnya sudah terpasang pada laptop.
Panduan Cara Membuat Hotspot di Laptop Dengan UC Browser
1. Pertama-tama download dan install UC Browser untuk PC melalui halaman ini. (pilih general)
2. Kemudian klik icon Wifi yang ada dipojok kanan atas, lalu Turn on UC Free WiFi. Perhatikan tanda panah pada gambar dibawah ini.
UC Browser
3. Setelah aktif, icon akan pindah ke taskbar windows dan berubah menjadi warna hijau yang tandanya hotspot sudah aktif dan bisa digunakan untuk share koneksi internet ke HP Android maupun smartphone lain.
UC Browser
4. Ketika ada perangkat yang terhubung, maka akan muncul notifikasi dan juga IP Address yang digunakan.

Anda juga dapat mengganti SSID dan password wifi sesuai kebutuhan dengan cara klik pada icon pensil, namun untuk nama SSID akan tetap menggunakan awalan UCWIFI. Untuk menonaktikan caranya klik pada icon WIFI lalu pilih Turn off UC Free Wifi atau exit.

Catatan : 
Cara ini saya tes menggunakan UC Browser versi 5.0 (Beta) di Windows 7Ultimate dan berhasil tetapi untuk versi Windows lain seperti XP, Vista atau Windows 8 saya tidak tahu apakah prosesnya semudah seperti yang saya jelaskan diatas atau tidak.

Tips & Trick
Agar tidak repot ketika akan mengaktifkan laptop menjadi hotspot wifi tanpa perlu membuka browser UC terlebih dahulu maka anda bisa lakukan perubahan dengan cara klik pada icon settings kemudian centang Automatically generate dekstop shortcut – Apply. Sehingga nanti akan muncul shortcut uc free wifi pada dekstop.

Kelebihan dan Kekurangan UC Browser Virtual Wifi
Sebelum anda mengaktifkan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui diantaranya :
1.    Mudah digunakan tanpa perlu setting yang merepotkan.
2.    Nama SSID tidak dapat diganti 100% karena akan tetap menggunakan awalan UCWIFI-
3.    Tidak ada fitur blok atau blacklist seperti pada My WIFI Router, sehingga setiap orang yang sudah tahu password wifi tersebut dapat dengan mudah konek ke hotspot yang kita buat.

Kesimpulan : 
Jika anda mencari cara termudah untuk membuat hotspot di laptop sehingga dapat share internet ke HP atau smartphone maka fitur Virtual Wi-Fi dari UC Browser adalah salah satu jawaban yang tepat, karena sangat mudah digunakan dan proses star up wifi hotspot cukup cepat jika dibandingkan dengan aplikasi Baidu. Namun kekurangannya kita tidak dapat memblokir perangkat yang terhubung dan tidak ada fitur tambahan misalnya transfer file atau berbagi video.

Posting Komentar

Lagi Tren