Cara Menghitung Diskon dengan Rumus IF di Microsoft Excel

KangJae.NetPenggunaan Microsoft Excel banyak sekali diminati salah satunya dikarenakan mempermudah pengelolaan data , terlebih anda dapat menggunakan rumus yang tersedia di dalam microsoft excel.

Pada kesempatan kali ini kami akan bisikan cara untuk mengoperasikan rumus diskon sehingga dapat membantu anda dalam menentukan persenan diskon kepada konsumen anda. Hal ini tentu akan membantu anda dalam menentukan hasil dari diskon tersebut.

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung diskon dengan rumus IF di Microsoft Excel :
  1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat data atau membuka data yang sudah ada sebelumnya.
  2. Kemudian setelah itu pastikan anda sudah membuat tabel yang memuat harga yang akan kenakan diskon.
  3. Setelah itu anda dapat menentukan diskon yang disesuaikan dengan kebutuhan anda
  4. Lanjutkan dengan memasukan rumus pada kolom untuk menghitung diskon. Anda dapat memasukan =IF(E5>14;7%*D5;IF(E5>9;5%*D5;IF(E5>4;2%*D5;0*D5))) . Pengertian rumus yang anda gunakan misalnya pada kolom E5 untuk jumlah barang yang dibeli atau D5 yang dapat anda jadikan untuk menghitung harga satuan barang diskon .
Untuk lebih jelasnya silah sobat simak contoh perhitungannya pada gambar di bawah ini, mudah-mudahan semakin paham :
Gambar : Contoh Perhitungan Diskon
Penjelasan Gambar Tabel Diatas :

A. Mengisi Kolom Diskon
  • Untuk mengisi kolom diskon berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.
  • Klik pada kolom yang akan diisikan Diskon Rp. (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah G6, silahkan aktifkan kolom G6) 
  • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
  • Kalikan kolom E6 dengan F6 untuk mengetahui hasil persennya, bentuk penulisannya adalah =E6*F6
  • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat angka 30,000 pada kolom G6 tadi (30,000 adalah 20% dari 150,000)
  • Untuk menghitung rumus Diskon Rp. selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom G15.

Tips dan Trik : 
Anda bisa langsung klik kolom yang akan dikalikan tanpa harus susah payah mengetik kolom yang akan dihitung satu persatu.

B. Mengisi Total Bayar
Nah setelah selesai mengisi kolom Diskon Rp. sekarang lanjutkan dengan mengisi kolom Total Biaya.
  • Klik pada kolom yang akan diisikan Total Bayar (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah H6, silahkan aktifkan kolom H6)
  • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
  • Pada kolom H6 Kurangkan kolom Biaya (E6) dengan kolom Diskon Rp. (G6)  untuk mengetahui hasil pengurangannya, bentuk penulisannya adalah =E6-G6
  • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat hasil 120,000 pada kolom Total Bayar yang pertama.
  • Untuk menghitung rumus Total Bayar selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom H15.


Tips dan Trik: 
Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom H7 dst), kita cukup memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell/kolom. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dikalikan lagi.

Tips bagi anda yang menggunakan rumus diatas, apabila terdapat pesan error salah satu penyebabnya adalah terdapat kekurangan di dalam sintaksnya sehingga anda dapat klik yes dan Microsoft Excel akan memperbaiki dengan penulisan sintaksnya.

Demikian langkah yang dapat anda lakukan untuk menghitung diskon dengan rumus IF di microsoft excel sehingga membantu anda dalam proses data sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar

Lagi Tren