Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lebak

Salah satu pilar dari program Lebak Cerdas 2019 adalah program Sekolah Sehat, Bersih, Hijau, dan Bertaqwa. Untuk familiarnya program ini disebut "Sekolah Sahabat". Kata "Sahabat" merupakan kependekan dari Sehat, Bersih, Hijau, dan Bertaqwa.

Program sekolah Sehat, Bersih, Hijau, dan Bertaqwa merupakan upaya peningkatan pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dapat dilaksanakan dengan menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing siswa untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik. Selain itu, diharapkan pula akan menumbuhkan semangat cinta sekolah sehat, bersih, hijau, dan bertaqwa.

Strategi yang digunakan untuk mewujudkan program "Sekolah Sahabat", yaitu :
  1. Sekolah bebas asap rokok
  2. Larangan siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan merokok di lingkungan sekolah
  3. Penerapan Jum'at Bersih di Sekolah
  4. Lomba Sekolah Sehat
  5. Bagi siswa muslim kelas 6 s.d. 12 diwajibkan menggunakan jilbab
  6. Pembiasaan membaca ayat suci Al-Qur'an sebelum belajar bagi siswa muslim. Bagi siswa nonmuslim membaca kitab suci sesuai agamanya masing-masing
  7. Optimalisasi penyelenggaraan Madrasah Diniyah
  8. Optimalisasi program "Magrib Mengaji"

Strategi di atas, dalam implementasinya perlu dijabarkan lebih lanjut oleh sekolah dalam bentuk-bentuk kegiatan yang konkrit termasuk merancang langkah-langkah yang diperlukan.

Sumber : Buku Sekolah Bersih, Hijau, Sehat, dan Bertaqwa.

Posting Komentar

Lagi Tren