Gempa yang Mengguncang Jakarta Berkekuatan 5,6 SR dan Berpusat di Pandeglang

Sumber Gambar : www.solopos.com
BANTEN - Gempa Banteng dirasakan warga yang berdomisili di Jakarta dan hampir semua wilayah Jawa Barat (Jabar).

Akun Twitter Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat @BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,6 SR, gempa terjadi pada pukul 21.47 WIB. Lokasi gema bumi di 7.32 LS, 105,81 BT atau sekitar 77 kilometer tenggara Pandeglang-Banten. Kedalaman gempa 75 kilometer.

Netizen baik di Facebook dan Twitter diramaikan dengan kicauan gempa Banten. Bahkan hastag #Gempa  dan #5,6 menjadi salah satu jajaran trending topic Twitter.

“Iya teh barusan ada gempa,daerah bandung kerasa banget gempa nya,pusat gempa dari pelabuhan Banten,” tulis akun Twitter @dininuraisah57.

Sementara Antara melaporkan, warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berhamburan ke luar rumah karena beberapa detik merasakan getaran gempa sekitar pukul 21.49 WIB.

“Kami sekeluarga keluar rumah karena merasakan getaran gempa,” kata Uni, warga Dukuh Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu.

Dia mengatakan, getaran begitu keras dan meski beberapa detik sangat menakutkan karena bisa saja merobohkan rumah yang terbuat dari dinding bambu.

Karena itu, ia dan keluarga terpaksa ke luar rumah demi keselamatan. Namun, beruntung getaran gempa tidak berlangsung lama.

Begitu pula, Samsiah, warga Komdik Kelurahan Rangkasbitung Timur Kabupaten Lebak berlarian ke luar rumah karena getaran gempa.

“Kami saat itu sedang menonton tayangan televisi, tiba-tiba gempa dan segera berlarian ke luar rumah,” kata dia.

Sumber Artikel di Atas Silahkan Lihat Postingan Aslinya di www.solopos.com


Kutipan dari KOMPAS.COM

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa yang terasa getarannya hingga Jakarta, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya, Sabtu (28/11/2015) malam berpusat di perairan Kabupaten Pandeglang, Banten.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 21:47:19 WIB.

Pusat gempa sekitar 77 kilometer arah tenggara Pandeglang pada kedalaman 75 kilometer. Titik pusat gempa tepatnya pada koordinat 7.32 Lintang Selatan (LS) dan 105.81 Bujur Timur (BT).

Sampai saat ini belum ada informasi kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. Getaran gempa dilaporkan terasa tidak hanya sampai Jakarta, tapi juga Bekasi, Depok, dan Bogor.

Posting Komentar

Lagi Tren