Jadwal UKG Guru Kemenag Bulan November 2015

Tags:

Sertifikasi bagi para guru adalah salah satu cara yang ditempuh oleh Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi atau kualitas guru di Indonesia. Karena guru merupakan salah satu faktor penting dalam dunia pendidikan. Untuk menghasilkan generasi-generasi yang berkualitas, peningkatan kualitas guru harus lebih dahulu diupayakan.

Mulai tahun ini ada dua skema yang akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengukur profesionalisme guru, yaitu secara akademis dan non-akademis. Pengukuran akademis dilakukan dengan rutin menyelenggarakan uji kompetensi guru (UKG) setiap tahun, dan pengukuran non-akademis dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru.

Siapa saja atau guru di lingkungan Kementerian apa saja yang harus mengikuti UKG pada bulan November ini? Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Supranata, mulai tahun ini semua guru baik yang ada di bawah Kemdikbud maupun Kemenag akan menjalani UKG. Sebelumnya, UKG hanya dilakukan kepada guru yang telah tersertifikasi atau akan disertifikasi.

Pelatihan guru diperlukan untuk mempermudah para Guru Ikut UKG. Seperti diungkapkan Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, Ikhwanuddin di hadapan 433 orang guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar se-Aceh Tamiang menegaskan perlunya keseriusan guru untuk berlatih agar terampil dalam proses pembelajaran. Menurutnya seperti halnya para atlit, para gurupun dituntut terus berlatih agar semakin terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Untuk mempersiapkan UKG Kemenagbulan November 2015 ini, di berbagai daerah guru-guru sudah mulai berlatih mempersiapkan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang bukan hanya untuk guru-guru Kemdikbud tapi juga untuk guru-guru yang mengabdi di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Berikut akan kami sampaikan Jadwal UKG Online (daring) dan UKG Offline (luring) yang akan diselenggarakan pada mulai tanggal 9 bulan ini.

UKG Online (daring)
Jadwal selengkapnya Pelaksanaan UKG Online bulan November tahun 2015 yang berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia, akan kami jelaskan pada gambar Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Online Bulan November 2015 berikut ini :
Jadwal UKG Guru Kemenag Bulan November 2015
Jadwal UKG Guru Kemenag Bulan November 2015
Catatan :
Pelaksanaan UKG online tahun 2015 akan berlangsung antara tanggal 9-27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh PPPPTK/LPPKS/ LPPPTK-KPTK, bersama LPMP dan dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak Tempat Uji Kompetensi (TUK) semakin cepat pelaksanaan UKG.

UKG Offline (luring)
Jadwal umum Pelaksanaan UKG Manual adalah mulai tanggal 9-27 November 2015. Berikut akan kami jelaskan jadwalnya pada gambar Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Manual (Luring atau Offline) pada Bulan November 2015 sebagai berikut :
Jadwal UKG Guru Kemenag Bulan November 2015
Jadwal UKG Guru Kemenag Bulan November 2015
Catatan :
Waktu pelaksanaan UKG Offline dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 1 (satu) hari, jadwal pelaksanaan akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemdikbud saat ini tengah melakukan persiapan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk semua guru, baik dilingkungan Kemdikbud maupun Kemenag yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Menurut Dirjen GTK Sumarna Surapranata bahwa jumlah guru yang memiliki NUPTK se-Indonesia sebanyak 3.015.315 orang.

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Jadwal Kegiatan UKG Guru Kemenag pada bulan November 2015. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemdikbud
- Kementerian Agama

Posting Komentar

Lagi Tren