Pengertian Musik Keroncong

Artikel : Musik Keroncong
Salam Sejahtera – Artikel kali ini saya beri judul Pengertian Musik Keroncong, Musik Keroncong adalah musik khas tradisional Indonesia , yang merupakan warisan berharga dari seniman-seniman terdahulu , jenis musik ini menempati kedudukan tersendiri dalam percaturan musik di tanah air Indonesia . di samping jenis musik hiburan ,music klasik seriosa , dan music jazz . alat yang di gunakan dalam sebuah orkes keroncong , terdiri dari gitar pengiring , melodi gitar , ulele , cello , bass , seruling dan biola . lagu keroncong menggunakan bentuk pola lagu yakni : A-A-B-A , secara musical music keroncong memiliki irama yang mengalir dengan beat yang khas oleh bunyi-bunyi peralatan ukelele dan cello .
Bentuk lagu pada keroncong asli memiliki pola dan ketukan khusus yang tidak boleh dilanggar misalnya ada bentuk stambul l dan stambul 2 .

Bentuk musik keroncong yakni : keroncong asli , keroncong stambul dan keroncong langgam. 
- Contoh Keroncong Asli : Keroncong Morisku .
- Contoh Keroncong Stambul 2 : Masuk kampong .
- Contoh Langgam : Bengawan solo .

Pahlawan merdeka ciptaan ismail marzuki
Rangkaian Melati ciptaan Arimah .

Keroncong Asli :
Lagu keroncong asli memiliki sifat tersendiri yakni unsure melodi dan syairnya sering bersifat improvisasi yang dilakukan pada jenis music keroncong asli ini menyebabkan keroncong asli agak sulit di nikmati dan di pelajari oleh masyarakat awam , sehingga bentuk ini kurang mendapatkan tempat di masyarakat luas dan terbatas pada para penikmat music keroncong asli saja . salah satu lagu dalam bentuk asli adalah” Keroncong Moristku”.

Stambul 2 Asli :
Stambul asli 2 cara membawanya sama seperti pada music keroncong asli tetapi lebih halus dan lembut , penuh prasaan , sedih atau mengharukan . jadi untuk membawakan lagu jenis stambul 2 tidak diperkenakan dalam nuansa ceria , gembira dan lincah . contoh lagu stambul 2adalah : Dewa dewi , stambul 2 masuk kampong , keluar kampong yang nama penciptanya tidak dikenal.

Langgam Keroncong : 
Langgam keroncong merupakan bentuk alternatif dari jenis musik keroncong asli dan stambul 2 . gayanya mengacu pada jenis music hiburan. alat musik yang di gunakan sama seperti alat musik yang digunakan pada keroncong asli. Contoh lagu langgam keroncong diantaranya adalah bengawan solo ciptaan Ismail Marzuki, Rangkaian melati ciptaan Arimah.

Demikian informasi tentang Pengertian Musik Keroncong yang bisa saya bagikan mudah-mudah bermanfaat. Terimakasih

Poskan Komentar

Lagi Tren