Perkalian dengan Angka-Angka yang Berakhir Nol

Salam Sejahtera - Pada artikel ini saya akan memberikan sebuah judul Perkalian dengan Angka-Angka yang Berakhir Nol. Salah satu kegemaranmu adalah mengumpulkan stiker. Secara keseluruhan kamu telah mengumpulkan 30 lembar stiker/ Setiap lembar terdiri atas 50 stiker. Berapa jumlah stiker semuanya ? Untuk mengetahui jawabannya, kamu harus melakukan perkalian : 30 x 50.

===== Beginilah Caranya ======

Kuncinya adalah pada saat melakukan penghitungan, abaikan angka Nol pada Angka satuan. Jadi, untuk mengetahui jumlah seluruh stiker itu, kamu akan mengalikan 3 x 5 bukan 30 x 50. Namun, kamu harus menuliskan kembali angka nol telah selesai melakukan perkalian tersebut. Sekarang, mari kita kalikan 30 x 50. Kamu akan segera mengetahui berapa jumlah stiker yang telah kamu kumpulkan.

Soal : 30 x 50

Mari kita coba lagi soal berikut : 70 x 400

Jurus ini tidak berlaku untuk perkalian yang letak angka nolnya tidak pada angka satuan, misalnya di tengah. Jurus ini tidak dapat untuk mengerjakan angka 704 dan 2.001. Namun ini berlaku untuk angka 60, 900, dan 1.200. Jangan lupa tuliskan kembali angka nol yang kamu hilangkan pada angka satuan.

Selamat Berlatih dan Mencoba.

Posting Komentar

Lagi Tren