Maksud Istilah 75% di SNMPTN Tahun 2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

SNMPTN tahun 2016 cukup mengejutkan dan membingungkan, mengejutkan karena ada perbedaan yang signifikan dari tahun sebelumnya dan membingungkan karena ada ketentuan yang tidak secara rinci dijelaskan di laman resmi SNMPTN 2016. Point yang cukup mengejutkan dan membingungkan banyak orang ada di ketentuan “Persyaratan Siswa Pendaftar”.
Maksud Istilah 75% di SNMPTN Tahun 2016
Dalam ketentuan Persyaratan Siswa Pendaftar disebutkan bahwa yang boleh mendaftar SNMPTN 2016 adalah siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang “memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut: akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya; akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya, akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya, dan akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya”

Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya (2015) bahwa yang berhak mendaftar SNMPTN 2015 adalah Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2015 yang:
  1. Akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya,
  2. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
Disini tidak disebutkan tentang jumlah persen (%) dari siswa terbaik di sekolahnya, artinya semua siswa kelas 12 kelas terakhir pada tahun 2015 bisa diikutkan dan diseleksi oleh sistem SNMPTN. Hal ini tentunya berbeda dengan ketentuan tahun 2016 ini.

Kembali ke poin utama yang inti masalahnya adalah apakah seluruh siswa kelas 12 bisa mendaftar SNMPTN 2016? Jawabannya begini, semua sekolah diwajibkan mengentry nilai seluruh siswa beserta nilai pelajarannya ke Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).  Apabila itu sudah dilakukan maka secara otomatis sistem akan membuat pemeringkatan siswa berdasarkan 6 mata pelajaran yang di UN kan dan data yang digunakan adalah dari nilai siswa semester 3, 4, dan 5.

Selanjutnya, siswa dengan peringkat paralel atas DAPAT MENDAFTAR SNMPTN sehingga bisa melanjutkan ke tahap berikutnya sedangkan siswa peringkat bawah otomatis TIDAK DAPAT MENDAFTAR. Jadi intinya jumlah siswa yang didaftarkan oleh sekolah melalui jalur SNMPTN adalah 100% akan tetapi yang menentukan siapa yang lolos masuk ke 75%-10% adalah sistem pemeringkatan SNMPTN. Semoga bermanfaat untuk semua calon mahasiswa 2016.

Demikian informasi terbaru tentang Maksud Istilah 75% di SNMPTN Tahun 2016 yang bisa saya bagikan kembali, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Posting Komentar

Lagi Tren