Cara Membaca Nomor KIP dengan Cara Scan Barcode


Hallo sahabat Blog Kang Jae, pernahkah sobat operator kesulitan dalam menentukan Nomor Kartu Indonesia Pinatar (KIP) atau sejenisnya diakibatkan karena beberapa faktor baik tidak jelas nomor KIP nya maupun tergores? 

Apakah ada solusi untuk hal tersebut? Hal tersebut jangan dijadikan alasan bahwa Operator Dapodik tidak memasukan Nomor KIP siswa, masih banyak cara untuk mengetahui nya.

Pada kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk memahami Barcode yang tertera di Kartu Indonesia Pintar (KIP) tersebut dengan cara Mescan Barcode.

Apa yang harus saya siapkan? Mari kita ikuti langkah demi langkah dalam pengerjaan ini untuk mengetahui Nomor KIP tersebut :

Bahan dan Alat :


1. Satu Buah Ponsel Android

Sudah pastinya Ponsel ini adalah sebagai alat untama untuk mengeksekusi permasalahan yang terjadi di lapangan baik Nomor KIP tergores maupun Nomor KIP tidak jelas, sudah pasti Ponsel Androidlah yang akan membantu kita.

2. Aplikasi Scan QR or Barcode

Aplikasi Scan QR or Barcode ini bisa sobat dapatkan di Playstore, sudah banyak beredar aplikasi pembaca Barcode di Playstore, silahkan sobat manfaatkan Aplikasi tersebut untuk mengatasi permasalahan kesulitan dalam menentukan Nomor KIP yang begitu tidak jelas.

Cara Penggunaan Scan Barcode :

1. Download Aplikasi Scan QR or Barcode

Langkah pertama sobat harus mendownload Aplikasi Scan QR or Barcode di Handphone Android sobat, cara penginstalannya pun sama dengan peng instalan aplikasi lainnya di HP Android. Jika sobat tidak mau repot-repot mencari Aplikasi tersebut, silahkan sobat Klik DI SINI untuk menuju Aplikasi Scan QR or Barcode di Playstore.

2. Cara Scan Barcode

Jika sobat sudah mendownload dan memasang Aplikasi Scan QR or Barcode di atas, silahkan lakukan langkah selanjutnya yaitu mengarahkan kamera Handphone ke Barcode yang tercantum dalam Kartu Kartu Indoneisa Pintar (KIP) atau Sejenisnya.

Kemudian apabila proses membaca barcode selesai, kemudian akan muncul nomor KKS dan KIP yang tergabung menjadi satu. 

Apa yang harus saya lakukan ? Nah.. pastinya Operator Kesulitan, tetapi jika sudah membaca Postingan Pak Yusup tidak akan mengalami kebingungan.

Pada Hasil Scan Barcode sobat akan menemuka enam digit pertama dan enam digit berikutnya. Itu artinya enam digit pertama adalah adalah No. KKS dan enam digit berikutnya adalah No. KIP. 

Jadi kesimpulannya adalah enam digit pertama silahkan sobat abaikan saja, karena nomor tersebut adalah nomor KKS. 

Sedangkan yang harus diinput ke dalam Aplikasi Dapodik adalah Nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Postingan ini adalah menjawab salah satu pertanyaan dari Opertaor Dapodik kepada Pak Yusuf, silahkan sobat simak dialognya di bawah ini :

Apa yang harus kami masukkan ke dalam Aplikasi Dapodik Nomor KPS atau KIP bagi siswa yang memiliki keduanya ? Mari kita simak jawabannya di bawah ini :
Dialog seputar KPS dan KIP
Itulah Cara Membaca Nomor KIP dengan Cara Scan Barcode yang bisa saya bagikan kembali melalui blog sederhana ini, semoga trik ini bermanfaat bagi sahabat Operator Dapodik di seluruh Nusantara. dan mudah-mudahan kita menjadi Operator Dapodik yang handal. Terimakasih

Posting Komentar

Lagi Tren