Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar


Hallo Sahabat Kang Jae .... Mudah-mudahan kita dalam keadaan sehat wal'afiat. Surat Lamaran kerja adalah salah satu syarat untuk melamar pada sebuah perusahaan baik kantor maupun Instansi Kepemerintahan.

Sudah Jelas perusahaan tersebut akan memilih dan memilah pelamar yang masuk baik melalui testing maupun melalui jalur khusus, tetapi ada yang harus sobat perhatikan terlebih dahulu yaitu surat lamaran yang sobat buat adalah salah satu cerminan bagi perusahaan yang sobat Lamar.

Jika Surat Lamaran kerjanya saja tidak sesuai dengan aturan penulisan maka perusahaan tersebut juga akan mempertimbangkan untuk menerima sobat.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja 2016

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar? Nah disini saya akan mengulas sedikit tentang hal tersebut demi kelancaran sobat dalam melamar pada perusahaan yang anda lamar.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar
Gambar Ilustrasi : Pencari Pekerjaan
Dan Ingat sebuah Surat Lamaran Kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan hal sebagai berikut :

1. Pergunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Silahkan Anda Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar dan silahkan susun kalimat surat lamaran kerja tersebut dan ingat jangan pernah menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan. Mungkin sobat sudah biasa menggunakan bahasa Gaul, tetapi ketika dalam pembuatan Surat Lamaran hal ini tidak diperbolehkan walaupun menurut sobat itu baik.

2. Tulislah dengan Kalimat Sopan

Kalimat sopan adalah Hal Pokok utama dalam pembuatan surat lamaran kerja, sebab ini adalah menggambarkan karakter sobat, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan Menulis Manual dengan Rapi

Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan Ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. 

4. Siapkan dan Lengkapi Syarat dari Perusahaan

Sudah Jelas Syarat Masuk ke Perusahaan anda akan diminta ama yang mereka pinta, disinilah penentuan Persyaratan akan berlaku apakah Anda akan diterima atau tidaknya. 

5. Lampirkan Sertifikat Pendukung lainnya

Biasanya perusahaan akan meminta anda untuk melampirkan Sertifikat Pendukung yang pernah anda raih baik itu sertifikat prestasi anda dalam dunia kerja maupun sertifikat prestasi anda ketika duduk di bangku sekolah atau sejenisnya.

Apakah dalam Surat Lamaran Kerja Ada Statistik Penulisannya?


Ini adalah salah satu rekomendasi dalam pembuatan sebuah surat lamaran kerja, yang pernah saya lakukan bahkan ini adalah pokok utama dalam Pembuatannya, seperti, Bagian Pembuka, Bagian isi atau Uraian dan yang terakhir adalah Bagian penutup. 

1. Bagian Pembukaan

Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati.

2. Isi atau Uraian

Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.

3. Penutup

Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.

Surat Lamaran Kerja intinya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas. Oleh karena itu agar lebih mudah membuatnya, Anda perlu memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang pernah saya posting sebelumnya.

Jangan Lupa Baca : KUMPULAN CONTOH SURAT LAMARAN KERJA 2016

Demikian artikel kali ini tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar saya harapkan dari artikel ini dapat memberikan manfaat terutama bagi saudara yang sedang berupaya untuk mencari pekerjaan. Terimakasih

Posting Komentar

Lagi Tren