Memahami Rumus SUMIF Microsoft Excel dengan Mudah


Hallo Sahabat Kang Jae Lebak, kali ini saya akan menggambarkan bagaimana cara menggunakan dan memahami rumus SUMIF pada Microsoft Excel dengan mudah, dan saya akan memberikan sebuah contoh perhitungannya.

Di sini saya akan memberikan contoh dalam Penjuan Mobil, dimana rumus SUMIF ini anda gunakan untuk mengitung berapa Jumlah Total Mobil yang terjual selama 3 Bulan.

Sobat bisa merubahnya, terserah berapa bulan bahkan berapa tahun. Anggap saja anda sedang bekerja di Perusahan Mobil Ternama di Indonesia bagian Administrasi.

Contoh ini menggambarkan bahwa Microsoft Excel juga bisa anda gunakan dalam perhitungan Jumlah mobil yang sudah terjual bahkan yang sudah dikeluarkan, pokonya terserah deh mau terjual, mau dikeluarkan yang penting anda memahami rumu SUMIF pada Microsoft Excel.

Rumus ini bisa anda gunakan ketika anda bekerja di Satuan Pendidikan misalkan Anda diberi kesempatan di bagian Tata Usaha ataaaauuu.....!! di beri tugas tambahan sebagai Petugas Perpustakaan, dan banyak Buku-buku yang dipinjam oleh Siswa bahkan Dewan Guru.

Tetapi pada Artikel ini saya tidak membahas Bagaimana Menghitung Jumlah Buku yang dipinjam Oleh Siswa dan Bagaimana cara menghitung Jumlah Buku yang dipinjam seleama satu tahun dan sebagainya, tetap saya akan memberikan sebuah contoh Bagaimana Menghitung Penjualan Mobil selama 3 Bulan Terakhir.

Tetapi sebelumnya saya akan menggambarkan Apa sih pengertian dari SUMIFSUMIF adalah sebuah fungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita. 

Keterangan : 
Range adalah range dari cell-cell yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriteria yang akan kita tentukan.

Jika anda sudah memahami pengertian dari SUMIF mari kita lanjutkan bagaimana cara menggunakan rumus tersebut dalam penjualan sebuah mobil dalam 3 bulan terakhir.

Pada contoh ini kita akan membuat sebuah data Penjulan Mobil berbagai merek di salah satu Perusahana, misalkan kita bekerja di Perusahan PT. Maju Mudur Gunungkencana.

1. Pembuatan Tabel Penjualan

Pertama silahkan Anda Buat Tabel dengan Kolom Bulan, Tipe Mobil, dan yang terakhir adalah Jumlah. Nah.. Kolom jumlah ini artinya Jumlah Mobil yang terjual tiap Bulannya, silahkan anda sesuaikan saja. Berikut adalah Contohnya:
Ilustrasi Penggunaan Rumus SUMIF

2. Penggunaan Rumus SUMIF

Jika sudah seperti Gambar di atas, pastinya anda sudah memahami sepenuhnya mana yang akan kita hitung? dari tambel di atas kita akan menghitung Penjualan Mobil Honda Jazz saja selama 3 Bulan terakhir dengan menggunakan Rumus SUMIF

Bagaimana Cara Penulisan Rumusnya? Ok.. saya akan menuliskan Rumus Standar SUMIF pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

= SUMIF(range;kriteria;sum_range)
= SUMIF(B6:B17;”Honda Jazz”;C6:C17) 
Dengan Keterangan sebagai berikut :
Range adalah Rentang Kriteria B6:B17 yang tertera pada Tabel di atas Adalah Tipe Mobil di Perusahan PT. Mundur Gunungkencana yang dijual.
Kriteria adalah Kriteria yang akan dihitung “Honda Jazz”
Sum_Range adalah Rentang dari nilai data yang akan dihitung C6:C17 atau bisa disebut Jumlah Mobil yang terjual tiap bulannya.

Sudahkan Anda memahami maksud di atas? Mari kita ketahap berikutnya yaitu hasil perhitungan dengan Rumus SUMIF. Berikut adalah contoh hasil perhitungannya :
Ilustrasi Hasil Perhitungan Rumus SUMIF 
Mudah bukan menggunakan Rumus SUMIF pada Microsoft Excel dengan demikian anda bisa menggunakan rumus tersebut dengan Jumlah banyak barang yang sudah terjual bahkan Tipe mobil dengan banyak merek. 

Rumus tersebut bisa mempermudah anda dalam bekerja tanpa harus menghitung secara manual, tinggal memasukan data pada Format yang sudah anda buat, jumlahpun akan terhitung akan secara otomatis dan pastinya sudah tidak diragukan perhitungannya benar dan akurat.

Sebenarnya pada Tabel di atas bisa sobat hitung secara manual dengan kalkulator dengan cara Honda Jazz = 25 + 35 + 100 = 160 Unit, tetapi bagaimana anda disajikan dengan data ratusan bahkan ribuan angka dan tipe mobilnya pun bigitu banya.

Cukup sekian dari Kang Jae Lebak pembahasan tentang Memahami Rumus SUMIF Microsoft Excel dengan Mudah, semoga bermanfaat dan bisa anda gunakan ketika anda membutuhkan dimasa yang akan datang, ketika anda ingin menjadi seseorang yang kreatif. Terimakasih

Posting Komentar

Lagi Tren