Trik Super Kilat Pengerjaan Aplikasi PMP


Trik Super Kilat Pengerjaan Aplikasi PMP - Hallo sahabat  Kang Jae, sudah lama sekali rasanya tidak mengupdate Webblog ini, banyak kesibungan di dunia nyata sampai-sampai web kesayangan tak pernah Update artikel.

Nah.. Kali ini saya akan membagikan artikel yang menarik yaitu sebuah Trik Super Kilat Pengerjaan Aplikasi PMP. Begitu banyaknya pekerjaan operator selain mengelola pendataan Dapodik baik verval pd, ptk, verval sp, dan lain sebagainya. Bahkan minggu-minggu ini operator harus segera memperivikasi Data Calon Peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2016/2017.

Pengerjaan tersebut juga memakan waktu yang lama untuk validasi data peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 yang mendatang.

Padahal mengerjakan Aplikasi PMP pun belum beres atau belum kelar-kelar karena berbagai faktor di lapangan dan bahkan begitu banyak kuesional yang harus diinput, sedangkan batas waktu pengiriman sampai dengan tanggal 30 Oktober 2016 (katanya).

Dengan demikian saya akan memberikan solusi tersebut untuk mengisi Aplikasi PMP dengan menggunakan Apikasi Tambahan yaitu Aplikasi Amplop404-LE yang saya dapat dari Internet. 

Bagi sahabat Kang Jae yang belum memiliki Aplikasi Amplop404-LE tersebut silahkan Download di salah satu Blog saya yaitu Download Gratis, Klik DI SINI...

Ada Berepa Syarat yang harus Anda siapkan. Berikut adalah yang harus anda siapkan :

1. Laptop/Komputer sudah Terpasang Aplikasi PMP Terbaru

Pastikan Laptop Anda sudah terpasang Aplikasi Dapodik dan Aplikasi PMP Terbaru, saya yakin Laptop Operator Dapodik sudah terpasang dengan Aplikasi Dapodik dan Aplikasi PMP. Jika belum maka anda masuk ke golongan Hitam yaitu Operator yang Ketinggalan, tapi tidak mungkinkan belum terpasang Aplikasi Dapodik.

2. Sudah Mengisi Kuesioner PTK dan Siswa

Tenang sob Anda tidak diharuskan mengisi semua Kuesioner PTK dan Siswa, melainkan kita cuma membuat sebuah sampel jawaban PTK dan Siswa.

Lebih banyak akan lebih baik, kenapa lebih banyak lebih baik karena sangat tidak mungkin kan satu Sekolah Jawabannya sama baik PTK maupun Siswa.

Saya Gunakan 3 PTK dan 3 Siswa yang sudah selesai mengerjakan Kuesional Aplikasi PMP dan saya jadikan jawabannya secara acak, untuk mengisi Kuesioner PTK dan Siswa yang lainnya.

Operator pasti paham tujuannya, dengan demikian lebih banyak Kuesional yang sudah dikerjakan maka kita akan semakin mudah dalam mengacak jawabannya.

3. Memilih PTK dan Siswa

Sudah saya sebutkan di atas Anda wajib mempunyai PTK dan Siswa yang sudah selesai mengerjakan Kuesioner PMP, kemudian silahkan cari PTK atau Siswa yang akan kita jadikan jawabannya untuk Responden selanjutnya.

4. Menjalankan Aplikasi Amplop404-LE

Langkah selanjutkan kita akan menjalankan Aplikasi Amplop404-LE yang sudah anda Download dan Mengextraknya. Silahkan Anda buka Aplikasi PMP nya kemudian silahkan Login dan cari PTK atau Siswa yang sudah Mengisi Kuesioner PMP 100% dan silahkan ingatkan nama PTK atau siswa tersebut.

Di sini saya akan Mengisi Kuesioner PTK yang belum sama sekali mengisinya. dengan cara menggunakan Aplikasi Amplop404-LE.

Silahkan Buka Aplikasi Amplop404-LE nya, kemudian lanjutkan klik 2 x Pengguna dan silahkan Ekspor dan silahkan cari tempat untuk menyimpan File Eksporan Format Excel tersebut saya sarankan simpan di Desktop dengan Nama "PENGGUNA", tujuannya adalah untuk mempermudah peng Inporan nanti.
Gambar : Peng Exporan Pengguna Form Excel
Saya rasa anda sudah sudah paham dengan Gambar diatas, jika sudah selesai maka form Pengguna akan terbuka secara otomatis jika sobat memilih Open File After Exsport, seperti tampilan gambar di atas.

Next.. kita lanjutkan meng-Eksport Jawaban. Langkahnya sama seperti Gambar di atas tetapi nama File kita simpan dengan nama "JAWABAN". Saya rasa dua file tersebut sudah anda simpan dengan benar.

Setelah terbuka File Excel Penggunanya silahkan cari "Pengguna_Id" yang sudah 100% selesai mengerjakan Kuesioner Aplikasi PMP silahkan Copy atau Catat (terserah sobat yang penting ketika membuka Form Jawaban nanti bisa melakukan pencarian secara Otomatis) menggunakan CTR + F.
Gambar : Pencarian "Pengguna_Id" yang sudah 100% pengisian Kuesioner PMP
Gunakan "Sortil" supaya hasil pencarian maksimal tidak tertukar dengan Pengguna_Id yang lainnya. Jika sudah ketemu silahkan Copy seluruh Pengguna_Id tersebut (untuk mempermudah tekan Ctrl + Shift). Kemudian silahkan buat "Sheet Baru" dan silahkan Pastekan di A2. kolom A1 adalah untuk Judul yang diambil dari Form Excel pengguna tadi.
Gambar Ilustrasi Pengelompokan untuk meminimalisir kesalahan meng-Copy
Saya rasa anda sudah memahaminya. Hasilnya akan seperti Gambar di bawah ini :
Gambar : Hasil Eksekusi
Jika sudah seperti gambar di atas, silahkan Hapu Jawaban_Id dan Pengguna_Id sampai bersih Gunakan CTRL + Shift (saya rasa anda sudah paham dengan tujuan tersebut).

Jika sudah terhapus, silahkan cari Pengguna_ID PTK yang belum mengisi Kuesioner (Yang Mau di Eksekusi) pada Form Excel yang sudah anda download Copy dan Pastekan pada Form Excel Jawaban kolom "Pengguna_Id" sampai ke bawah (Gunakan CTRL + Shift). Biarkan kolom Jawaban_Id kosong nanti kita isi dari hasil Generate Jawaban.
Gambar : Hasil Penghapusan Jawaban_Id dan Penggantian Pengguna_Id
Next.. kita kembali ke Aplikasi Amplop, kemudian silahkan pilih Editor Database --> Tool Editor --> UUID Generator, silahkan masukkan jumlah baris kemudian Klik Generate, silahkan anda tunggu sampai selesai. Hasilnya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Generate Jawaban
Jika sudah beres Generate, silahkan Copy hasilnya blok dari atas sampai akhir jawaban, seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Hasil Generate Jawaban
Slahkan Pastekan ke Form yang sudah kita buat tadi, dan jangan lupa "SIMPAN" kemudian Close Form Excel. 

Langkah selanjutnya kita akan meng "Import" hasil Form Excel Jawaban tadi, untuk lebih jelasnya silahkan pahami gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi IMPOR Hasil
Jika sudah mengikuti langkah seperti gambar di atas silahkan klik "NEXT" kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Pemberian "Col penyesuaian kolom"
Nah.. silahkan ulangi gambar di atas sampai selesai Field terakhir yaitu "pengguna_id" dan jangan lupa "Col nya sesuaikan dengan kolom". Jika sudah selesai semuanya baru klik "Execute", silahkan tunggu sampai selesai. (Sekarang Anda saatnya minum kopi sampai Execute selesai, ini memakan waktu agak lama).
Gambar : Proses Eksekusi
Saya anggap Execute sudah selesai, silahkan anda kembali ke Aplikasi PMP Anda dan silahkan Refresh nama PTK yang sudah di eksekusi.
Gambar Hasil Eksekusi
Gambar Ilustrasi : Sebelumnya
Gambar Ilustrasi : Hasil Setelah di Eksekusi
Jika sudah selesai jangan Lupa Refresh dan Hasil akan berubah seperti Gambar di atas, kemudian silahkan Klik "Konfirmasi" pilih Ya.. Aplikasi PMP anda akan mereaload otomatis dan pekerjaan anda sudah selesai.

Perlu di Ingat Trik Super Kilat Pengerjaan Aplikasi PMP ini bisa anda gunakan pada Siswa juga bahkan jika diperlukan silahkan Eksekusi semua siswa, resiko ditanggung sendiri, apabila Laptop anda Bleng.. !! Tetapi tidak ada salahnya mencoba.

Masih bingung, silahkan simak Videonya, dengan video tersebut maka anda akan lebih mudah memahami. Klik DISINI ...

Silahkan kembangkan sendiri Trik atau Tutorial Cara Super Kilat Pengerjaan Aplikasi PMP ini. anda akan menemukan Kegunaan Aplikasi Amplop 4.0.4 tersebut. Sebenarnya trik ini digunakan ketika Deadline pengiriman, jika masih ada waktu alangkah baiknya lakukan pengisian kuesioner secara manual.

Jangan lupa Share dan Like atau berikan komentarnya, semoga yang membaca Trik Super Kilat ini mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan Aplikasi PMP. Dengan memberikan komentar berarti anda sudah disetujui untuk menggunakan trik ini dan keberkahanpun akan melimpah kepada anda. Amin... Terimakasih

Warning !
Trik ini dilakukan oleh Operator yang berpengalaman yang sudah biasa menggunakan dan menjalankan berbagai Aplikasi, Microsoft Excel dan lain sebagainya, saya tidak bertanggung jawab sepenuhnya apabila ada kerusakan pada Aplikasi maupun Laptop. 
Tidak satupun dari kami ataupun supplier kami atau pihak-pihak lain yang terkait dalam pembuatan artikel atau konten yang terdapat dalam situs ini yang diharuskan bertanggung jawab terhadap pengguna ataupun setiap orang yang mengajukan klaim melalui pengguna, untuk setiap kerugian, ketidakakuratan data, kegagalan untuk memperoleh hasil yang diharapkan, kerugian ekonomis, insidental, signifikan, hukuman, kerugian secara tidak langsung (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya-biaya yang diperlukan untuk perbaikan). 
Materi yang ditayangkan di situs saya disediakan tanpa ketentuan atau jaminan apapun dalam hal ketepatannya.

Posting Komentar

Lagi Tren