Asal Usul Musik Keroncong dan Alat Musiknya


Kami yakin anda mengenal dengan musik keroncong, taukah Anda Bagaimana Asal Usul Musik Keroncong dan Alat MusiknyaMusik dengan alunan nada yang merdu dan menenangkan hati. ciri khasnya adalah musik yang mendayu-dayu dan nada yang ekstra lembut. 

Asal Usul Keroncong

Akar keroncong berasal dari Fado (sejenis aliran musik dari Portugis) yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara. Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali di Malaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku. 

Bentuk awal musik ini disebut moresco (sebuah tarian asal Spanyol), di mana salah satu lagu oleh Kusbini disusun kembali kini dikenal dengan nama Kr. Muritsku, yang diiringi oleh alat musik dawai.

Baca Juga : Pengertian Musik Keroncong

Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling serta beberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad ke-19 bentuk musik campuran ini sudah populer di banyak tempat di Nusantara, bahkan hingga ke Semenanjung Malaya.

Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an. Selanjutnya, pada tahun 1880 Musik Keroncong lahir, dan awal ini Musik Keroncong juga dipengaruhi lagu Hawai yang dalam tangga nada mayor, yang juga berkembang pesat di Indonesia bersamaan dengan Musik Keroncong.

Alat Musik Keroncong

Nah setelah kita mengetahi asal usul musik keroncong di atas, kita akan mengenal lebih jauh lagi dengan alat musik keroncong. Adapaun Musik Keroncong sebagian menggunakan alat-alat musik di bawah ini:

1. Ukulele-Cuk Berdawai 3

Ukulele-Cuk Berdawai 3 ini terbuat dari nilon. urutan nadanya adalah G, B dan E; sebagai alat musik utama yang menyuarakan crong-crong sehingga disebut keroncong. Berikut adalah Gambar dari Ukulele-Cuk Berdawai 3.
Ukulele-Cuk Berdawai 3
Gambar : Ukulele-Cuk Berdaw

2. Ukulele-Cak Berdawai 4 

Ukulele-Cak Berdawai 4 ini terbuat dari besi urutan nadanya A, D, Fis, dan B. Jadi ketika alat musik lainnya memainkan tangga nada C maka cak bermain pada tangga nada F.  Berikut adalah Gambar dari Ukulele-Cuk Berdawai 4.
Gambar : Ukulele-Cak Berdaw 4

3. Gitar Akustik

Gitar Akustik ini bisa dikategorikan ke dalam alat musik keroncong. Alat Musik Gitar Akustik ini cenderung sebagai gitar melodi, dimana cara memainkannya dengan gaya kontrapuntis.  Berikut adalah Gambar dari Gitar Akustik.
Gitar Akustik
Gambar : Gitar Akustik

4. Biola

Alat Musik Keroncong ke Empat adalah Biola. Biola ini bisa digunakan untuk menggantikan rebab. karena dulunya musik keroncong ini menggunakan rebab. Berikut adalah Gambar dari Biola yang termasuk Alat Musik Keroncong.
Alat Musik Keroncong Biola
Gambar : Alat Musik Keroncong Biola

5. Flute

Alat Musik Keroncong ke lima adalah Flute. Flute ini mengantikan Suling Bambu, pada Era Tempo dulu memakai Suling Albert (suling kayu hitam dengan lubang dan klep, suara agak patah-patah, contoh orkes Lief Java).

Sedangkan pada Era Keroncong Abadi telah memakai Suling Bohm (suling metal semua dengan klep, suara lebih halus dengan ornamen nada yang indah, contoh flutis Sunarno dari Solo atau Beny Waluyo dari Jakarta);
Gambar : Alat Musik Keroncong Flute

6. Selo/Cello

Selo/Cello ini adalah alat musik betot yang menggantikan alat musik keroncong kendang. Fungsi dari alat musik tersebut sama halnya seperti Gendang.
Gambar : Musik Keroncong Selo/Cello

7. Kontra Bass

Alat Msuik Keroncong Kontra Bass ini menggantikan Gong, alat ini juga bisa menghasilkan bas yang dipetik, tidak pernah berubah sejak Amati dan Stradivarius dari Cremona Itali 1600 membuatnya.
Gambar : Musik Keroncong Kontra Bas
Penjaga irama ini dipegang oleh ukulele dan bas. Gitar yang kontrapuntis dan selo yang ritmis mengatur peralihan akor. 

Biola berfungsi sebagai penuntun melodi, sekaligus hiasan/ornamen bawah. Flut mengisi hiasan atas, yang melayang-layang mengisi ruang melodi yang kosong.

Bentuk Keroncong yang dicampur dengan musik populer sekarang menggunakan organ tunggal serta synthesizer untuk mengiringi lagu keroncong (di pentas pesta organ tunggal yang serba bisa main keroncong, dangdut, rock, polka, mars).

Referensi : Vincent Cahya

Posting Komentar

Lagi Tren