Cara Menanam Cabe Rawit dari Biji di Sekolah

Tags:


Salam Sejahtera kali ini saya akan membagikan Bagaimana Cara Menanam Cabe Rawit dari Biji di Sekolah, yang bersumber dari Blog www.lintangsore.com, semoga ini menjadi bahan referensi yang akan kita kembangkan di sekolah sesuai dengan Surat Edaran Bupati Lebak dengan Nomor 521/338-Disketapang/2017 Tanggal 24 Februari 2017 tentang Himbauan melaksanakan penanaman cabe di pekarangan rumah.

Serta penegasan kembali Edaran tersebut oleh Kadisdikbud Lebak, bahwa setiap sekolah perlu menindaklanjuti SE bupati melalui pelaksanaan tanam cabe di lingkungan sekolah terhitung mulai SE tersebut diedarkan.
Gambar Ilustrasi : Bibit CabeRawit
Sebagai tindak lanjut kebijakan tersebut, pengawas sekolah perlu memotivasi setiap sekolah binaan agar menanam cabe di lingkungan sekolah dengan langkah-langkah seperti berikut :
1. Membuat Benih Cabe
2. Menyemai Benih Cabe
3. Menanam Bibit Cabe
4. Merawat Tanaman Cabe

Langkah kerja riil yg perlu dilakukan pengawas sekolah adalah memantau dan memastikan keterlaksanaan penanaman Cabe di lingkungan sekolah binaan melalui Instrumen sebagai berikut:
  1. Apakah KS menunjuk penanggung jawab tanam cabe di sekolah melalui surat tugas? 
  2. Apakah ada spanduk Protacalingsek yg dapat dibaca oleh warga sekolah? 
  3. Apakah sekolah membuat benih cabe di tempat tertentu? 
  4. Apakah sekolah menyemai benih cabe? 
  5. Apakah sekolah menanam benih cabe di tempat tertentu? 
  6. Apakah sekolah merawat tanaman cabe secara intensif dan kontinyu? 
  7. Apakah sekolah membuat time scedule tanam dan rawat tanaman cabe? 
  8. Apakah sekolah melibatkan siswa dalam setiap langkah kerja Protacalingsek? 
  9. Bagaimana keadaan kebersihan dan keasrian lingkungan kebun cabe? 
  10. Dst..., dibuat oleh MKPS sebagai pedoman supervisi.

Langkah-langkah Bagaimana Cara Menanam Cabe Rawit dari Biji yang bersumber dari Blog www.lintangsore.com adalah sebagai berikut :

Sebenarnya ada cara praktis dalam menyiapkan benih cabe rawit, yaitu beli di toko pertanian terpercaya. Tetapi karena tujuan kita menanam cabe rawit hanya untuk hobi dan konsumsi rumah tangga sendiri/skala kecil maka kita akan belajar cara membuat benih cabe rawit sendiri.
Gambar Ilustrasi : Cara Menanam Cabe dalam Pot

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan bibit cabe rawit yang bagus dan baik.
  • Jangan membuat bibit cabe rawit dari cabe sisa yang disertakan di dalam bungkusan gorengan. Biasanya cabenya masih mentah dan belum tua benar. Mendingan ambil cabe rawit merah dari warung/penjual sayur keliling, karena biasanya cabe rawit merahnya merah matang. Akan lebih baik lagi jikap anda sudah mempunyai pohon cabe rawit sendiri yang akan dibuat benih. Pilih buah cabe rawit yang sudah matang dan berwarna merah. Pastikan buahnya bagus dan tidak ada kelainan warna/terserang penyakit. 
  • Setelah anda mempunyai cabe rawit merah yang akan dibuat benih, potonglah menjadi tiga bagian. Ambil bagian buah cabe yang tengah saja kemudian pisahkan bijinya dari kulit/daging cabe. 
  • Pada langkah ini anda sudah mempunyai calon benih cabe rawit. Berikutnya siapkan sebuah tempat/wadah, dapat berupa baskom, gelas, atau ember. Isi dengan air hangat suam-suam kuku. 
  • Langkah berikutnya siapkan satu siung bawang merah, lalu haluskan dengan menggunakan muntu. Campurkan bawang merah yang sudah halus tersebut ke dalam air hangat di dalam wadah tadi. 
  • Setelah itu masukkan biji cabe rawit yang di awal tadi sudah anda dapatkan. Rendam biji cabe semalam saja. 
  • Paginya akan anda dapati biji cabe yang melayang dan yang tenggelam. Pisahkan dan ambil biji cabe yang tenggelam. Yang melayang silahkan dibuang saja. 
  • Tiriskan sebentar biji cabe yang anda dapatkan tadi, sambil menyiapkan media untuk menyemai biji tersebut. 
  • Jemur benih cabe rawit yang sudah diseleksi tadi tapi jangan langsung di bawah terik matahari. Setelah benih cabe rawit benar-benar kering maka kita sekarang sudah mempunyai biji cabe rawit yang siap untuk disemai.

Bagaimana Cara menyemai bibit cabe rawit, berikut adalah langkah-langkahnya :

Langkah berikutnya setelah kita berhasil membuat benih cabe sendiri adalah menyemainya. Kenapa kok tidak langsung ditanam saja di tanah/pot? kan simpel dan nggak ribet. Dulu saya begitu, langsung menanam biji cabe di dalam tanah/pot. Tetapi ternyata tidak semuanya tumbuh baik. Maka, salah satu tujuan menanam benih cabe di dalam persemaian ini adalah untuk menyeleksi bibit yang bagus dan mengabaikan bibit cabe yang cacat atau terkena penyakit. Selain itu juga kita bisa memastikan bibit cabe sudah cukup kuat untuk dipindah ke media tanam yang lebih besar.
Gambar Ilustrasi : Bibit Cabe Rawit
Dalam menyemai benih cabe rawit ada yang menggunakan teknik berikut ini:
  • Siapkan kertas tisu beberapa lembar, lalu basahi tisu tersebut dengan air.
  • Sebarkan beberapa biji cabe diatas permukaan kertas tisu yang sudah dibasahi tadi.
  • Tutup lembaran tisu yang berisi biji cabe rawit tadi lalu basahi lagi dengan air.
  • Masukkan tisu tersebut ke dalam wadah / box plastik dan tutup rapat.
  • Tunggu beberapa hari sampai biji cabe tersebut berkecambah.
  • Pindahkan bibit cabe rawit yang telah tumbuh tadi ke dalam media tanam.
  • dst.

Agak ribet juga cara di atas, tetapi saya kira cukup bagus dan teliti. Kalau misalnya anda mendapatkan bibitnya hasil dari membeli benih cabe rawit impor mungkin sah-sah saja. Akan tetapi kalau anda membuat benih cabe sendiri mungkin anda bisa menerapakan teknik yang lebih simpel dalam menanam benih cabe rawit anda. Begini langkah-langkahnya:
  • Taburkan biji cabe rawit yang anda punya ke dalam media tanam (bisa dalam polybag atau ke dalam pot), kemudian tutup dengan tanah tipis-tipis saja.
  • Letakkan pot semaian cabe tadi di tempat yang terlindung dari cahaya matahari dan air hujan secara langsung
  • Jaga jangan sampai ditotoli ayam atau disosor bebek :)
  • Siram setiap sore hari menggunakan air biasa. Jangan digrujugkan nanti buyar semua biji cabenya. Pakai semprotan atau basahkan dengan hati-hati.
  • Biasanya setelah 3-5 hari biji cabe sudah menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh. Dan di hari ke 7 bibit cabe rawit sudah terlihat berdiri.

Selesai pada langkah ini, sekarang bibit cabe siap untuk ditanam.

Cara Menanam Cabe Rawit dalam Polybag
  • Siapkan wadah dan media untuk menanam cabe rawit. Jangan pelit-pelit, usahakan besarnya minimal berdiameter 30 cm.
  • Isi wadah tempat menanam cabe dengan campuran tanah gembur, pupuk kompos dan pupuk kandang. Proporsinya silahkan diatur sendiri menurut feeling anda. Umumnya sih 2 bagian tanah dicampur 1 bagian pupuk.
  • Pilihlah bibit cabe yang sehat dengan ciri memiliki batang kuat dan memiliki daun sebanyak kira-kira 5-6 helai.
  • Lepas plastik/wadah penyemaian jika anda menyemainya pada polybag kecil. Jika menyemainya di tanah usahakan jangan sampai merusak perakaran.Sertakan tanah aslinya sedikit untuk membungkus akar.Pindahkan bibit cabe tersebut pada pot/polybag saat matahari tidak terlalu terik (disarankan dilakukan pada sore atau pagi hari)
  • Urug lobang tempat menanam bibit cabe dengan bekas tanah semaian. Lalu siram dengan air biasa secukupnya.

Demikianlah postingan tentang Cara Bagaimana Menanam Cabe Rawit dari Biji di Sekolah sebelumnya kami ucapkan terima kasih sudah berkenan membaca di Blog Kang Jae Lebak ini. 


Posting Komentar

Lagi Tren