Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Blog Dibayar Modal Curahan Hati Secara Online

Menulis Blog Dibayar - Kali ini saya akan menuliskan pikiran yang ada di benakku yang lagi galau, kenapa galau ? karena Admin KangJae.Net mengalami musibah yang tidak diduga.

Handphone kesayangan buat ngeblog dicuri orang padahal Handphone tersebut dijadikan sarana untuk memantau naik turunnya Penghasilan Adsense.

Tapi apalah daya tangan tak sampai untuk menemukan Handphone tersebut cuma bisa berdoa mudah-mudahan yang mencuri disadarkan oleh Allah swt, dan mudah-mudahan saya mendapatkan Handphone yang lebih dari Handphone tersebut.

Baca Juga : Kang Jae dapat Teguran dari Adsense

Topik utama pada Konten ini adalah Blog Media Menulis Blog Dibayar Modal Curahan Hati Secara Online

Kenapa bisa dikatakan seperti itu?

Seperti halnya Curahan Hari Handphone hilang, itu adalah salah satu curahan hati yang ditulis pada Blog 

Sehingga anda bisa menyimpannya secara digital bukan anda saja yang bisa membaca tetapi semua orang didunia ini ketika dia diarahkan ke konten yang anda tulis.
Gambar Ilustrasi : Blog dijadikan Sarana Media Menulis Curahan Hati Secara Online


Apa Blog itu ..??


Blog merupakan singkatan dari web log. Web Log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. 

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. 

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Apa saja manfaat dari Blog ..??


Manfaat dari Nge-Blog banyak sekali tergantung tujuan anda dalam mengelolanya, bisa saja dari Nge-Blog anda mahir menuliskan sebuah artikel dengan judul berbeda didunia nyata. 

Tetapi ada hal yang harus anda pahami dari manfaat dari Blog.

  • Dengan Nge-Blog anda bisa belajar menuliskan isi hati anda menjadi sebuah artikel yang bermanfaat untuk dibaca oleh banyak orang pada sebuah blog yang anda kelola.
  • Dengan Nge-Blog anda bisa mencoba mendaftarkan diri ke Google Adsense menjadi Publisher yang handal sehingga blog anda akan membantu keuangan anda.
  • Dengan Nge-Blog tidak akan ada waktu yang terbuang secara sia-sia, waktu luang anda akan bermanfaat.
  • Dengan Nge-Blog anda bisa menjadi Guru bagi seseorang yang membacanya melalui artikel yang anda tuliskan baik itu Trik dan Tips maupun Tutorial dan Penjelasan sederhana.
  • Dengan Nge-Blog anda akan terbiasa berfikir dan menuliskan kejadian apa yang anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, 
Bahkan jika anda sungguh-sungguh tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah penulis Website Resmi Kepemerintahan Republik Indonseia, bahkan banyak media yang memburu anda untuk menjadi penulis di website mereka.

Jangan Lupa Baca : Ayo Daftar ... !! Ada Lowongan Menjadi Penulis Website

Mungkin itu diantara dari manfaat memiliki Blog yang anda kelola, masih banyak lagi manfaat yang belum saya tuliskan, tetapi 5 dari sekian manfaat Nge-Blog yang saya rasakan adalah Nge-Blog Bisa Menambah Penghasilan Tambahan. 

Kebanyakan Blogger seperti saya ini mengharapkan dari sebuah blog yang dikelolanya adalah bisa menghasilkan Uang secara Online.

Penghasilan Blogger Pemula

Jika kamu menanyakan penghasilan blogger pemula, maka jawaban yang pas adalah Tidak Pasti, kadang besar kadang kecil.

Jika proritas kamu uang, maka harus siap dengan kejenuhan yang akan kamu hadapi, sebab terkadang semangat dalam menulis kadang kendor juga.

Tetapi jika kamu konsisten bisa menguasai seo blog, mulai dari mencari keyword tertarget dan terus mengasah pengetahuan tentang blog.

Saya yakin penghasilan dari blog kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan, dengan cara mencari keyword cpc nya tinggi.

Lagi-lagi kamu membuat sebuah blog dengan keyword yang ditargetkan ke luar negeri, tinggal menunggu saja tiap bulannya kamu akan bisa gajihan.

Penghasilan blogger pemula biasanya tidak langsung besar, terkadang 3 bulan baru bisa gajihan dari Google Adsense.

Tetapi lama kelamaan, bisa saya rasakan nikmatnya uang dari blog, bahkan satu bulan bisa mendapatkan kurang lebih 5 Juta Rupiah.

Tetapi pendapata tersebut tidak rutin, kebetulan waktu itu ada artikel yang trending, sehingga banyak orang yang membagikannya.

Dan sudah dipastikan dari sekian ribu pembaca 75% klik iklan. Alhasil pundi-pundi dollar masuk ke Akun Adsense.

Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Banyak dari teman saya menanyakan seperti apa sih contoh blog yang menghasilkan uang? Terkadang saya bingung menjawabnya.

Karena semua blog bisa menghasilkan uang, tergantung kepada si pemilik blog tersebut, bisa tida optimalisasi sebuah blog sehingga bisa menghasilkan uang.

Perlu diingat juga, mendapatkan uang dari blog bukan semata-mata dari Google Adsense, melainkan banyak cara.

Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Pastikan anda memilik kriteria blog berikut ini :
  • Buat Blog di Platform Blog Terbaik
  • Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik
  • Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda
  • Promosikan Blog di Media Sosial
  • Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
  • Tentukan Cara Monetasi Blog
Coba pahami poin terakhir Cara Monetasi Blog. Inilah yang harus kamu pikirkan, bagaimana dan kemana akan me monetasi blog kamu.

Jika blog kamu akan di monetasi dengan Google Adsense, maka pastikan blog kamu sudah masuk kriteria Google Adsense.

Pastikan sebelum mendaftar Google Adsense, kamu sudah membaca aturan Google Adsense, dan kriteria blog yang diterima Google Adsense.

Pada awal saya telah menyentuh masalah blog berkualitas. Kenapa blog berkualitas ini penting dalam memperoleh uang dari blog? 

Sebab dengan membuat blog berkualitas Anda dapat menghasilkan uang dari blog untuk periode waktu lama.

Jadi yang penting ditegaskan lebih dulu ialah kualitas blog Anda baru selanjutnya Anda dapat memikir langkah mengantongi rupiah. Anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog yang mutunya rendah.

Jadi yakinkan kualitas blog Anda ialah yang terhebat lebih dulu baru menyuap rupiah setelah itu. 

Berikut Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

1. Buat Blog di Basis Terhebat

Blog berkualitas bermula dari basis blog yang berkualitas juga. Ada beberapa basis blog yang dapat Anda tentukan, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, sampai WordPress.

Basis blog yang mana terhebat untuk Anda?

Tiap basis punyai kekurangan dan keunggulannya semasing. Tetapi, bila disuruh untuk pilih, saya anjurkan untuk pilih WordPress. Banyak fakta kenapa WordPress ialah basis blog terhebat untuk Anda.

Pertama, Anda dapat memakai WordPress dengan gratis. Ke-2 , WordPress pas dipakai oleh siapa, baik pemula atau tingkat mengusai. Ke-3 , blog yang dibuat WordPress berkualitas tinggi. Untuk keterangan komplet berkenaan WordPress bisa Anda baca di sini.

Pokoknya, WordPress benar-benar pas untuk Anda bila pengin membuat blog yang berkualitas. Untuk langkah membuat blog memakai WordPress bisa Anda baca secara lengkap di artikel langkah membuat blog.

2. Buat Content Blog Berguna dan Tarik

Sesudah Anda sukses membuat blog, sekarang waktunya Anda mengeluarkan content yang telah Anda tetapkan temanya. Bikinlah content yang berguna dan tarik.

Content Anda dapat disebutkan berguna saat pembaca memperoleh jalan keluar lewat apa yang Anda catat. Ingat, saat pembaca cari satu keyword di Google, yang mereka harapkan ialah jawaban yang dapat mengakhiri permasalahan mereka.

Kecuali berguna, content Anda pun harus tarik. Beberapa website dan blog yang mengulas satu tema yang serupa. Anda harus dapat memenangi kompetisi itu dengan membuat content yang berguna dan tarik.

Banyak langkah yang dapat dikerjakan untuk bikin content blog jadi tarik. Pertama, mengambil pemikiran yang unik. Satu tema dapat diulas dengan bermacam pemikiran. Upayakan mengambil pemikiran unik yang belum dipakai blog atau web lain.

Ke-2 , buat judul yang inovatif. Judul ialah hal yang pertamanya kali disaksikan pembaca. Bila judul tidak tarik, mereka tidak repot membaca artikel Anda. Jadi yakinkan judul artikel Anda inovatif dan tarik.

Ke-3 , tambah medium visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan menjemukan. Seharusnya tambah gambar, photo, contoh, infografik, atau video.

3. Tambahkan Kualitas SEO Blog Anda

Pengunjung blog Anda berawal dari beberapa sumber. Salah satunya sumber paling besarnya ialah penelusuran Google. Oleh karenanya, Anda harus punyai kualitas SEO yang bagus untuk menjala banyak pembaca dari Google.

Beberapa konten yang Anda catat harus tampil minimal di halaman pertama hasil penelusuran Google supaya lebih gampang diketemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang bagus, Anda dapat capai hal itu, bahkan juga content Anda dapat menempati rangking pertama Google.

Walau bagaimanapun, membuat kualitas SEO tidak bisa dikerjakan dalam tadi malam saja. Perlu waktu yang lama untuk dapat membuat SEO yang berkualitas. Waktu yang lama bukan bermakna tidak mungkin jika Anda mengikut tutorial yang pas.

Anda dapat pelajari bagaimanakah cara tingkatkan kualitas SEO blog dengan membaca e-book gratis dari Niagahoster. E-book 30 Cara Baik SEO mengulas selengkapnya berkenaan langkah tingkatkan kualitas SEO.

4. Promokan Blog di Medium Sosial

Kecuali penelusuran organik, sosial media ialah medium yang lain mempunyai potensi jadi sumber pengunjung blog Anda. Anda dapat mencapai semakin banyak calon pembaca blog memakai sosial media.

Ada bermacam jenis sosial media yang dapat Anda gunakan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan ada banyak kembali. Kemungkinan Anda bingung, sosial media yang mana harus Anda pakai untuk mempromokan blog.

Tak perlu cemas sebab kami telah mengulas tema itu di blog. Anda dapat membaca tutorial komplet bagaimana mengaplikasikan media sosial pemasaran di artikel Tutorial Komplet Social Medium Pemasaran 2019.

Artikel itu akan membantu Anda pilih basis sosial media yang pas, berencana taktik sosial media, sampai membuat content yang memikat buat sosial media.

5. Menjaga Keyakinan Pembaca Blog

Mengawali blog yang berkualitas bukan hal gampang. Dan menjaga kualitas itu ialah hal yang lebih susah kembali. Walau susah, bukan bermakna tidak mungkin untuk dikerjakan.

Anda harus jaga stabilitas kualitas blog untuk selalu memperoleh keyakinan dari pembaca. Terus meminta masukan, kritikan, dan anjuran dari pembaca supaya Anda memahami apa yang penting diperbarui dan dipertahankan di blog Anda.

Dengan demikian pembaca akan makin setia dengan blog Anda. Dan bukan mustahil mereka akan suka-rela bagikan blog Anda ke beberapa temannya.

6. Tetapkan Langkah Monetasi Blog

Sesudah membuat blog yang berkualitas, Anda saat ini mulai bisa pikirkan bagaimanakah cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tiada blog berkualitas, Anda tidak dapat memperoleh uang dari blog! Jadi yakinkan untuk mengikut beberapa langkah di atas lebih dulu.

Sekarang waktunya Anda pelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang telah Anda bikin. Ada beberapa langkah memperoleh uang dari blog. 

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Tanpa Modal


1. Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google AdSense


Google Adsense ialah satu pelayanan advertensi yang terpopuler sekarang ini, dipunyai oleh perusahaan besar yakni Google. Layanan ini ditujukan untuk beberapa penerbit/publisher atau pemilik web menyajikan iklan.

Adwords dan Adsense pada dasarnya ialah pelayanan yang serupa. Yang membandingkan, buat Adwords mereka sediakan service untuk beberapa advertiser untuk beli iklan.

Sedang untuk penerbit/publisher menghasilkan uang dari iklan yang diperlihatkan di blog mereka dari pelayanan Adsense. Untuk prosesnya lumayan sederhana:
  • Pemilik Blog harus menempatkan kode Adsense di blog
  • Advertiser atau Pengiklan lakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran pada harga paling besar akan diperlihatkan di blog Anda.
  • Anda akan memperoleh bayaran tiap ada click iklan oleh pengunjung blog Anda. Google akan mengurusi penagihan ke pengiklan dan pastikan Anda terima bayaran.
  • Google Adsense memakai algoritme komplek untuk lakukan analisis pada content blog Anda. Ini pastikan iklan yang tampil sesuai blog Anda. Selaku contoh, bila Anda mempunyai blog mengenai kucing, Andsense akan tampilkan iklan berbentuk promo yang terkait dengan hewan peliharaan.
Bayaran tiap kliknya beragam mulai $0.1 sampai $5 bergantung negara, pesaing antar pengiklan dan artikel yang diulas, untuk indonesia sendiri sekitar $0.01 sampai $5.

Selaku contoh, iklan yang tampil pada blog dengan artikel mengenai mobil iklannya tambah mahal bila dibanding dengan blog mainan beberapa anak. Simpel saja, untuk mobil harga tambah mahal, hingga untuk investasi iklan tambah mahal.

Bila Anda pengin ambil keuntungan dan mengawali memperoleh uang dengan tampilkan iklan Adsense, silakan daftarkan blog Anda dengan membikin account Adsense. Ini umumnya memakan waktu beberapa waktu untuk lakukan registrasi.

Kemudian Anda tinggal menanti e-mail pernyataan dalam beberapa waktu apa disepakati atau mungkin tidak. Bila telah diterima, waktunya Anda menempatkan iklan adsense di blog.

2. Mendapatkan Uang dari Blog dengan Endorsement

Kemungkinan Anda kerap menyaksikan beberapa blogger mempromokan produk atau service spesifik di content situsnya. Baik itu berbentuk ulasan, unboxing, atau sebatas gambaran produk.

Apa yang Anda saksikan di beberapa blog itu ialah endorsement. Blogger dapat bekerja bersama dengan perusahaan spesifik untuk meng-endorse produk atau servicenya. 

Keuntungannya dapat bermacam, dari uang tunai sampai produk gratis. Bergantung persetujuan di antara blogger dan perusahaan.

Anda bisa juga mengaplikasikan langkah ini untuk menghasilkan uang dari blog. Umumnya perusahaan yang akan mengontak Anda lebih dulu untuk ajak kerja sama. 

Oleh karenanya, yakinkan Anda telah membuat blog yang berkualitas supaya makin banyak perusahaan yang pengin bekerja bersama dengan Anda.

3. Mendapatkan Uang dari Blog dengan dengan Afiliasi

Langkah memperoleh uang dari blog yang cukup terkenal yang lain dengan program afiliasi. Lewat program ini 

Anda akan memperoleh komisi setiap saat ada pengunjung blog yang lakukan pembelian atau lengkapi data lewat link atau spanduk afiliasi.

Jumlah komisi yang didapat berbeda setiap perusahaan. Ada yang memberi komisi 25 %, 50 %, sampai 70 %. 


4. Mendapatkan Uang dari Blog dari Layanan

Lewat blog, Anda bisa juga tawarkan layanan ke beberapa pengunjung blog, seperti layanan pengerjaan blog, design grafis, pengerjaan artikel. 

Disamping itu ada banyak layanan yang lain yang dapat Anda pasarkan sama ketrampilan yang dipunyai.

Teknik Mendapatkan Uang dari Blog: 

Bila Anda mau tawarkan layanan, dianjurkan menulis artikel yang terkait dengan layanan yang Anda pasarkan. 

Misalkan Anda mau tawarkan layanan paket rekreasi, Jadi blog yang Anda bikin artikelnya berkenaan rekreasi

5. Mendapatkan Uang dari Blog dengan Produk

Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan jual produk yang dipunyai lewat blog, dapat berbentuk produk digital atau produk fisik. 

Bila Anda mempunyai keterampilan menulis panduan, Anda dapat membuat e-book untuk dipasarkan. Kecuali jual e-book, untuk Anda yang mempunyai ketrampilan pemrograman, dapat mengawalinya dengan tawarkan program yang Anda bikin untuk dipasarkan.

Sedangan untuk produk fisik, Anda bisa jual bermacam jenis barang. Misalkan Anda mempunyai ketrampilan mengolah, Anda dapat membuat produk camilan dan dipasarkan lewat blog Anda.

6. Mendapatkan Uang dari Blog dengan dengan Seminar-online

Anda bisa juga menghasilkan uang dari blog lewat seminar-online. Umumnya langkah ini diaplikasikan oleh blogger-blogger yang telah profesional dan paling dipercaya di bagiannya.

Bila Anda telah membuat citra positif dan profesional di bagian yang Anda tekuni, langkah ini bisa juga Anda aplikasikan. 

Di seminar-online Anda dapat share pengetahuan dan pengalaman profesional Anda. Pasti peserta seminar-online harus bayar ongkos tersendiri untuk dapat memperolehnya.

7. Mendapatkan Uang dari Blog yang Lain

Tidak hanya dari beberapa macam langkah memperoleh uang dari blog di atas, ada banyak langkah yang dapat Anda coba, berikut tiga salah satunya:

PayPal untuk Terima Bantuan 

PayPal sediakan alat yang bisa dipakai untuk kepentingan bantuan dari pengunjung blog. Ini ialah langkah terhebat memonetisasi untuk blog non-profit. 

Infolinks 

Dengan infolinks Anda bisa menempatkan iklan berbentuk teks. Jaringan iklan ini akan bayar setiap saat ada click dari pengunjung. 

Walau akan hasilkan bayaran yang cukup di situs dengan beberapa pengunjung, tidak ada kelirunya Anda untuk cobanya.

Itulah gambaran penghasilan dari blog yang bisa anda coba, usahakan gunakan platform blog terbaik agar menghasilkan kecepatan blog yang maksimal.

Sekedar informasi penghasilan blogger 2020 mengalami penurunan karena masa Pandemi COVID-19, tetapi hal itu, tidak membuat saya patah semangat.

Karena Nge blog adalah salah satu hobi saya, maka nge blog tidak akan saya tinggalkan walapun penghasilannya menurun.

Apabila anda mencari cara membuat blog gratis, bisa baca-baca artikel saya sebelumnya yaitu Cara Membuat Hosting Gratis Berkelas.

Silahkan gunakan untuk uji coba sebelum Membeli Domain dan Hosting

Mudah-mudahan Blog dijadikan Sarana Media Menulis Curahan Hati Secara Online ini bisa Menginspirasi Pembaca Blog KangJae.Net untuk memanfaatkan kemampuannya bagi orang banyak.

Kang Jae
Kang Jae Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

10 komentar untuk "Menulis Blog Dibayar Modal Curahan Hati Secara Online"

  1. Di bagian manfaat blog, Point no 2 nya agak sulit gan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita selalu berjuang dan berjuang

      Hapus
  2. Bener banget gan, dengan ngeblog kita bisa cari mata pencaharian sampingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Gan Sekarang Salah Bisnis Online yang banyak diburu adalah Bisnis Online menjadi Publisher Adsense

      Hapus
  3. Benar Gan. Ngeblog itu sebenarnya nambah ilmu dan kita bisa tau apa saja karena banyak info dari blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah Ilu, Nambah Wawasan Waru, Pokonya banyak hal bermanfaat dari negeblog

      Hapus
  4. bener, ane kadang buat bikin cerita di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee... Bikin cerita lucu, cerita bahagia, Bahkan sekarang jika kita lihat di Dasbor Penghasilan Adsense tertera "Jadikan Ngeblog sebagai Hobi"

      Hapus
  5. bener ane juga kadang buat cerpen :v nice gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih.. mantaf tuh Pengen lihat dong cerpennya...

      Hapus