8 Bahaya Membaca Sambil Tiduran

Tags:


Mungkin anda sudah mengetahui bahwa membaca sambil tiduran itu tidak baik, bahkan jika hal tersebut sering kita lakukan, maka akan menyebabkan kecanduan dalam membaca sambil tiduran padahal hal tersebut sangat berbahaya sekali.

Pernahkah anda mendengar ulasan dokter bahwa membaca sambil tiduran akan mengakibatkan mata  anda layu, sehingga kesehatan mata anda akan terganggu, bahkan kata Dokter juga membaca sambil tiduran akan mengakibatkan kebutaan.
Bahaya Membaca Sambil Tidur
Kita sebagai orang tua atau sobat sebagai Guru alangkah baiknya kita sosialisasikan kepada anak kita baik di rumah maupun di sekolah, supaya mereka memahami dan mengetahui Bahaya dari Membaca Sambil Tiduran.

Bahkan yang lebih efektif lagi untuk mensosialisasikan hal tersebut adalah kita sosialisasikan sejak dini artinya Guru PAUD akan sangat berperan besar untuk hal ini, jika diterapkan di Satuan Pendidikan masing-masing.

Hal ini sudah terjadi di kalangan masyarakat kita, banyak usia muda yang mengalami gangguan mata dan mereka dianjrkan untuk memakai kaca mata, artinya mata mereka sudah tidak normal lagi.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bahaya membaca sambil tiduran dan saya akan merangkumnya dari berbagai sumber yaitu 7 Bahaya Membaca Sambil Tiduran :

1. Mual dan Muntah

Bahaya yang pertama adalaha membuat kepala anda pusing sehingga anda akan merasa mual dan ingin muntah. Bisa jadi karena asam lambung meningkat karena anda membaca sambil tiduran. Jika anda sudah mengalami bahaya ini bisa jadi juga akan menjadi penyebab mata berkedip cepat, hal tersebut diakibatkan karena anda sering membaca sambil tiduran.

2. Migran Berkelanjutan

Bahaya yang kedua adalah Migran. Migran akan menyerang di mana kondisi seseorang sedang berada di kondisi lelah. Membaca sambil tiduran akan membuat kepala anda merasakan migran atau pusing di sebelah. 

Bahkan tidak hanya itu, migran yang anda alami berkelanjutan dan akan sulit untuk disembuhkan. Maka kami sarankan untuk menghentikan kebiasaan membaca sambil tiduran. Selain migran biasanya mata anda juga berubah merah. Maka segera pelajari cara mengobati mata merah agar mata anda dapat normal dan tidak tambah parah.

3. Kerusakan Mata Minus

Bahaya membaca sambil tiduran yang pertama adalah menyebabkan mata anda menjadi minus. Dengan menderita minus anda angka kesulitan membaca dari jarak normal. Biasanya pada awal anda akan merasakan gejala yang hampir mirip dengan gejala mata ikan. Jika anda meneruskan kebiasaan membaca sambil tiduran maka jangan harap mata minus anda segera membaik, yang ada adalah mata anda semakin para minusnya.

4. Pusing Tujuh Keliling

Membaca sambil tiduran akan membuat kamu merasa pusing tujuh keliling. Karena saraf mata yang kamu paksakan berhubungan dengan saraf-saraf otak. Akhirnya terjadi kontraksi akibat kerja saraf yang dipaksakan. Sehingga kepala anda akan terasa pusing tujuh keliling. Jika anda sudah merasakan hal ini, maka segera ubahlah kebiasaan membaca sambil tiduran sebelum terlambat.

5. Melemahkan Daya Berpikir

Jangan meremehkan bahaya membaca sambil tiduran. Karena ternyata bisa bikin kita melemah daya pikirnya. Masa lah hanya karena aktivitas gaya hidup atau kebiasaan buruk ini, seseorang jadi turun daya berpikirnya. Ini tentu akan membuat susah belajar jadinya.

6. Gampang Mengantuk

Orang yang membaca sambil tiduran biasanya akan mudah menguap. Hal ini dikarenakan reaksi yang diberikan akibat mata lelah dan dipaksakan. Sehingga orang akan mudah sekali mengantuk. Namun, tetap saja mereka keasyikan membaca sambil tiduran.

7. Menimbulkan Candu

Candu adalah kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Jadi orang akan merasa lemas, tidak berdaya, kurang semangat jika tidak melakukan kebiasaan tersebut. Nah, kebiasaan membaca sambil tiduran akan memberikan efek candu. Jika sudah pada kondisi demikian, maka anda akan kesulitan konsentrasi saat membaca dengan tidak tiduran. Nah, yang lebih bahayanya itu dapat meningkatkan resiko penyakit mata.

8. Memunculkan Rasa Malas

Munculnya rasa malas bisa terjadi karena seseorang membaca sambil tiduran. Jangan biarkan aktivitas ini berubah jadi kebiasaan buruk dan gaya hidupmu. Cobalah belajar menghentikan gaya hidup buruk ini. Semata-mata demi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang 8 Bahaya Membaca Sambil Tiduran, mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mencari referensi tentang bahaya membaca sambil tiduran. Jangan lupa share dan like. 

Posting Komentar

Lagi Tren