CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting

CBT Beesmart adalah salah satu Aplikasi Ujian online yang mudah untuk digunakan di satuan pendidikan dan biasanya digunakan untuk USBN, PAS dan PAT bahkan ujian harian oleh guru.

CBT (Computer Based Test) adalah  Ujian atau Tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Pada sistem CBT peserta diidk hanya perlu mengakses sebuah Laman Website atau menggunakan sistem pemanggilan IP Adres Server yang disediakan oleh sekolah kemudian peserta ujian login dengan akun masing. 

Bagaimana cara onlinekan Beesmart di Hosting ?


Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana untuk Onlinekan CBT Beesmart menggunakan hosting.

Apa saja yang harus anda persiapakan ?


Yang harus dipersiapakan oleh teman-teman adalah :
1. Aplikasi Xampp (usahakan sudah terinstall di komputer)
2. Aplikasi CBT Beesmart
3. Hosting
4. Domain

Kenapa saya menyarankan untuk memiliki xampp yang sudah terinstall di komputer, karena kita akan memanfaatkan xampp untuk membuat sebuah database yang nantinya akan kita upload ke hosting.

Bahkan lebih baiknya lagi Aplikasi Beesmart ini kita bereskan terlebih dahulu di localhost mulai dari pengisian biodata sekolah sampai dengan penginputan soal, sehingga ketika kita onlinekan sudah terisi semua, tentunya hal tersebut kembali lagi ke teman-teman.

Aplikasi Beesmart ini saya upload di Google Drive sehingga teman-teman dengan mudah untuk mendownloadnya. Adapun untuk aplikasinya teman-teman bisa download pada Link di bawah ini:



Cara Install Aplikasi Beesmart di Komputer Local


1. Saya anggap teman-teman sudah install xampp di komputer, kemudian silahkan extract dan silahkan copy dan pastekan ke local drive C:\xampp\htdocs dan jangan lupa buat folder terlebih dahulu misalkan "ujianonline". sehingga akan menjadi C:\xampp\htdocs\ujianonline.

2. Langkah kedua buka xampp-nya dan hidupkan Apache, MySQL dengan cara klik Start, untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini:
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting
3. Kemudian buka browser dan ketikkan C:\xampp\htdocs\ujianonline sesuai dengan nama folder pada htdocs masing-masing, dan hasilnya akan seperti berikut
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting

4. Pada tahap keempat ini kita akan membuat terlebih dahulu sebuah databasenya dengan cara klik menu Administrasi UBK yang berada di pojok sebelah kanan atas, kemudian akan ada keterangan Database belum terbentuk, Klik disini untuk Proses Buat Database. silahkan Klik Buat Database.

5. Pembuatan Database sudah selesai sekarang aplikasi beesmart sudah bisa digunakan masukkan username dan password default yaitu admin dan admin.
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting
  
6. Apabila pengisian biodata sekolah atau data yang lainnya sudah selesai atau teman-teman akan membiarkan bawaannya saja dan pengeditan akan dilakukan setelah online, hal tersebut tidak menjadi masalah untuk CBT Beesmart, yang perlu dilakukan sekarang adalah kita akan mengambil databasenya dengan cara ketikkan di browser http://localhost/phpmyadmin/. kemudian ambil databasenya klik nama database kemudian Export dan GO.
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting

Cara Mengonlinekan Beesmart di Hosting


1. Ambil file source code beesmart yang sudah dibuat format ZIP pada komputer lokal anda dan hal ini bisa dilakukan juga file zip yang telah di download pada link di atas, kemudian upload pada hosting tentunya pada domain atau subdomain yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa Extract
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting
2. Langkah selanjutnya, kita akan menyesuaikan username, database dan password yang telah dibuat sebelmunya pada MySQL Database Wizard dan silahkan Edit pada Folder config untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting

3. Apabla penyesuaian username, database dan password, silahkan akses alamat / url Ujian Online menggunakan CBT Beesmart pada hosting kemudian pilih Administrasi UBK, dan hasilnya akan seperti ini:
CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting

Mungkin cukup sekian artikel ini tentang CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting dan apabila masih ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kotak komentar.

Belum ada Komentar untuk "CBT Beesmart Ujian Online Menggunakan Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel