Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Microsoft Office 365

Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Microsoft Office 365 adalah salah satu media yang bisa bapak ibu gunakan di masa Pandemi COVID-19.

Masih banyak lagi Aplikasi yang beredar untuk digunakan dalam pembelajaran daring selain Microsoft Office 365, seperti  Rumah Belajar, Google Suite for Education/Google Classroom, Cisco Webex, Quipper dll.

Bahkan Whatsapp peringkat tertinggi digunakan sebagai media pembelajaran daring (online), mungkin karena sudah familiar dan mudah untuk digunakan guru maupun siswa.


Dari sekian banyak aplikasi tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam pemberian materi dan berinterasi langsung secara daring dalam pembelajaran dengan siswa misalnya melakukan percakapan menggunakan video conference dan pemberian ulangan harian siswa.

Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa melainkan dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Guru tentunya harus memastikan kegiatan belajar tetap berjalan, walaupun siswa berada di rumah, bagaimana solusinya? Solusinya adalah guru tentunya dituntut dapat membuat media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media online.

Tahapan Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Microsoft Office 365

1. Membuat Kelas

Tahap pertama yang harus bapak ibu perhatikan yaitu mempunyai akun Microsoft Office 365, akun ini bisa bapak ibu dapatkan apabila sekolahnya sudah mempunyai akun office 365.

Perlu diketahui bahwa membuat Kelas Digital pada Microsoft Office 365 kita akan menggunakan Aplikasi Microsoft Teams dan adapun Microsoft Teams terdiri dari 3 versi, yaitu Versi Web, Versi Desktop dan Versi Mobile.

(1) Versi Web

Jika bapak ibu ingin menggunakan Microsoft Teams versi web, silahkan kunjungi laman https://portal.office.com, silahkan masuk menggunakan akun bapak ibu, tampilannya seperti berikut:

Kemudian masukan email dan klik selanjutnya kemudian masukan kembali password Office 365 bapak ibu.

Pada tahap ini bapak ibu pilih tanda titik 9 di pojok kiri atas, kemudian akan muncul aplikasi, adapun yang akan kita gunakan adalah Aplikasi Teams, seperti yang sudah saya berikan tanda merah di atas.

Apabila bapak ibu pertama kali masuk ke Aplikasi Teams, maka akan disajikan dua pilihan yaitu Get the Windows app (Versi Desktop yang harus di download dan install), Use the web app instead (Versi web tanpa install aplikasi teams).

Pada bagian ini kita akan menggunakan versi web yaitu dengan cara klik Use the web app instead kemudian akan tampil seperi berikut:


Pada tampilan di atas, sudah terdapat kelas yang di buat dan apabila bapak ibu belum membut kelas baru, silahkan pilih Bergabung atau buat tim yang berada pada pojok kanan atas.


Klik Buat tim, kemudian akan muncul Pop Up Pilih tipe tim, silahkan pilih Kelas.


Pada tahap selanjutnya, bapak ibu akan memberikan Nama Kelas dan Deskripsi (opsional), seperti berikut


Jika sudah dilakukan, klik Berikunnya untuk menambahkan Siswa dan Guru


Pada tahap ini sebenarnya bapak ibu bisa melawatinya, untuk penambahan siswa dan guru bisa dilakukan dikemudian hari.

(2) Versi Desktop

Versi Desktop Microsoft Teams ini bisa bapa ibu download ketika pertama kali akses Microsoft Office 365, yaitu Get the Windows app, atau bisa Download Microsoft Teams.


Jika bapak ibu sudah mendownload dan menginstallnya maka tampilan pada PC nya seperti berikut:


Untuk membuat Kelas dengan Microsoft Teams menggunakan Aplikasi PC, sama hal nya membuat kelas dengan Aplikasi Web, tidak ada perbedaan sama sekali, baik langkahnya maupun tampilannya.

(3) Versi Mobile

Terakhir adalah membuat kelas dengan menggunakan Aplikasi Teams Versi Mobile. Silahkan bapak ibu buka Playstore pada Handphone, kemudian ketikan pada kotak pencarian “Microsoft Teams” dan akan muncul spserti berikut:


Pada gambar di atas artinya Aplikasi Teams sudah terinstall dan butuh Update saja, kemudian silahkan buka, dan tampilannya akan seperti berikut, jika bapak ibu sudah login.


2. Pembuatan Materi

Pembuatan Materi pada Microsoft Teams bisa menggunakan beberapa media, bisa menggunakan media powerpoint, video pembelajaran atau menampilkan materi secara live/ video video conference.

Pembuatan Materi ini harus berorientasi kepada siswa. Bagaimana caranya membuat materi agar bisa terserap oleh siswa dan tentunya menyenangkan.

Dengan demikian saya akan mengajak bapak ibu untuk memberikan Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Microsoft Office 365 kepada peserta didik di satuan pendidikan masing-masing.

3. Pembuatan Schedule/Jadwal Pembelajaran

Pada Microsoft Temas sudah dilengkapi Schedule/Jadwal Pembelajaran sehingga kita dengan mudah untuk mengatur jadwal pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Jadwal ini bisa kita sesuaikan dengan jadwal yang ada di sekolah, sehingga siswa sudah mempunyai jadwal tiap harinya tanpa harus memikirkan besok pelajaran apa.

Selain itu bapak ibu juga bisa mengatur jadwal tanpa harus membatasi waktu pembelajaran sehingga apabila ada siswa yang terlamabat, siswa tersebut masih bisa mempelajari materi yang sudah terlewatkan.

4. Pelaksanaan Pembelajaran

Bagaimana pelaksanaan pembelajaran agar menyenangkan? untuk mendapatkan pembelajaran yang baik dan menyenangkan tentunya kita harus berupaya membuat sebuah materi sebaik mungkin.

Misalkan membuat materi ajar dengan Aplikasi Power Point tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, selain mudah digunakan Power Point juga difasilitasi dengan berbagai menu yang mempermudah proses pembelajaran secara daring menggunakan Aplikasi Microsoft Teams.

Hal ini patut diapresiasi sebagai salah satu langkah dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif yang dilaksanakan oleh Guru secara daring di masa Pandemi COVID-19 ini.

Pada pembahasan ini kita akan ambi tema Bagaimana Pembelajaran Daring yang Menyenangkan Siswa? Mari kita implementasikan proses pembelajaran daring ini menggunakan Aplikasi Microsoft Teams.

(1) Membuat Aplikasi PowerPoint

Kita akan membuat materi ajar menggunakan Aplikasi Power Point yang terdapat pada Office 365 tersebut, kemudian kita buat slide yaitu Video Pembelajaran, Quiz Singkat, Pendalaman Materi, Diskusi, dan Review Materi.

Komponen tersebut dapat kita jelaskan pada Video Pembelajaran, kemudian siswa diminta menyimak baik-baik penjelasan yang disampaikan dalam video tersebut sehingga kita tidak perlu lagi menerangkan secara penjang lebar mengenai materi yang akan dipelajari peserta didik.

Adapun Video bisa saja mendownload dari youtube yang sekiranya dapat digunakan oleh kita dalam menjelaskan materi ajar, tetapi lebih baiknya lagi kita membuat sebuah video pembelajaran sendiri mengenai materi yang akan kita berikan kepada siswa.

(2) Membuat Quiz Singkat

Setelah siswa menyimak video maka kita harus memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi ajar yang telah dijelaskan dalam video tersebut.

Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana siswa mengingat dan memahami materi yang telah disampaikan yang diimplementasikan dengan menjawab soal yang telah disediakan oleh kita.

(3) Melakukan Pendalaman Materi

Bagian ini merupakan pendalaman materi dari materi yang telah disampaikan dalam video, pada pendalam materi ini peserta didik diminta untuk memperdalam materi dengan mencari informasi-informasi lain yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Misalkan contoh lain dari materi yang disampaikan, pendapat-pendapat dari para ahli, gambar, ataupun video.

Tujuannya peserta didik mampu mencari informasi secara mandiri untuk lebih memperdalam materi yang sedang dipelajari sehingga peserta didik tidak hanya menerima dari satu informasi saja tetapi dari berbagai sumber sehingga pemikiran mereka dapat lebih kaya lagi.

(4) Memberikan Ruang Diskusi

Diskusi ini bisa kita lakukan pada Aplikasi Microsoft Teams yaitu berisi poin-poin yang perlu didiskusikan oleh siswa dalam sebuah kelompok diskusi yang hasilnya akan mereka presentasikan secara daring juga.

Dengan adanya diskusi ini akan terjadi kolaborasi antar siswa dengan siswa, dan mereka dapat saling menambah pengetahuan dari teman-teman mereka sendiri.

Pada bagian ini kita perlu cermat dalam memilih materi diskusi agar diskusi dapat berjalan dengan baik dan terarah. Buatlah materi diskusi yang menuntut mereka untuk berpikir dan menganalisa.

(5) Melakukan Review Materi

Setelah siswa selesai melakukan presentasi secara daring, maka kita perlu melakukan review kembali untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai?

Adapun review dapat dilakukan dengan Quiz singkat dengan menggunakan Aplikasi Quiz yang terdapat pada Aplikasi Microsoft Office 365, kemudian memberikan pertanyaan secara langsung, atau dengan meminta siswa memberikan kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah diberikan.

Dengan menggunakan hal ini, isi dari power point kita bukan lagi hanya berisikan tulisan-tulisan dari buku siswa tetapi menjadi sebuah alat untuk memfasilitasi proses pembelajaran secara daring yang efektif di kelas maya.

Selain itu dalam hal penilaian, kita dapat menilai semua komponen yang telah dilakukan oleh peserta didik, jadi tidak hanya sekedar mengambil nilai dari mengerjakan soal saja.

Kesimpulan :

Untuk mendapatkan pembelajaran menyenangkan dalam Pembelajaran Online (Daring) tentunya guru harus menguasai materi yang akan diberikan selain itu guru juga harus mampu menguasai IT untuk menunjang dalam pembelajaran daring.

Baik membimbing siswa secara daring maupun menyajikan sebuah materi yang sudah dikemas dalam Powerpoint atau Video Pembelajaran, sehingga menciptakan pembelajaran yang kondusip walaupun secara daring.

Guru bukan sekedar memberikan materi/ tugas yang dikirim ke siswa secara daring, setelah itu dilepas begitu saja, Tidak Memberikan Quiz, Tidak Memberikan Pendalaman Materi, Tidak Memberikan Layanan Diskusi bahkan Tidak Mereview Materi yang telah diberikan.

Microsoft Teams ini memberikan fasilitas tersebut sehingga tidak perlu aplikasi tambahan, semua sudah tercover di dalamnya mulai dari Power Point sampai dengan fasilitas pemberian Quiz/ Ulangan.

PROFIL

JAENUDIN, S.Pd.


Dilahirkan di Kabupaten Lebak, tepatnya di Desa Ciginggang RT. 11 Rw. 04 Kecamatan Gunungkencana, pada tanggal 04 Juli 1985. Merupakan anak ke dua dari empat bersaudara dari pasangan Karmin dan Jaminah. Menempuh pendidikan dimulai dari SDN Ciginggang 3 (lulus tahun 2000), SMP Negeri 1 Banjarsari (lulus tahun 2003), SMA Negeri 1 Banjarsari (lulus tahun 2006), UNMA Banten (2010). Penulis adalah guru Honorer di SMPN 6 Gunungkencana Kabupaten Lebak Provinsi Banten, yang mempunyai hobby Freelance Online, seperti Nge-Blog, Contributor Shutterstock, Contributor Adobe Stock dll. Mempunyai cita-cita menjadi Kebanggaan Orang Tua.

1 Komentar untuk "Pembelajaran Daring Menyenangkan dengan Microsoft Office 365"

  1. Selamat menjadi 10 besar Lomba Blog dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 2020

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel